Dukung Kudeta, Burkina Faso dan Mali: Intervensi Militer di Niger Sama dengan Deklarasi Perang

Selasa, 01 Agustus 2023 - 17:18 WIB
loading...
A A A
Mantan kekuatan kolonial Prancis dan Amerika Serikat telah mengerahkan 2.600 tentara di Niger untuk membantu memerangi para ekstrimis.



Junta Niger pada Senin menuduh Prancis berusaha "campur tangan secara militer" untuk mengembalikan Bazoum, yang dibantah oleh Menteri Luar Negeri Prancis Catherine Colonna.

"Satu-satunya prioritas Prancis adalah keselamatan warga negara kita," kata Colonna kepada France 24, menambahkan bahwa pejabat Prancis memantau situasi dengan sangat cermat.

Bazoum – sekutu Barat yang pemilihannya lebih dari dua tahun lalu menandai transisi kekuasaan damai pertama Niger sejak kemerdekaan dari Prancis pada 1960 – digulingkan pada 26 Juli oleh elit Pengawal Presiden.

Kepala Pengawal Jenderal Abdourahamane Tiani menyatakan dirinya sebagai pemimpin. Namun klaimnya telah ditolak secara internasional dan ECOWAS memberinya waktu seminggu untuk menyerahkan kembali kekuasaan.

Niger telah menyaksikan empat kudeta sejak kemerdekaan dan banyak upaya lainnya, termasuk dua kudeta sebelumnya terhadap Bazoum yang berusia 63 tahun.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1428 seconds (0.1#10.140)