Dari Vietnam hingga Ukraina, 9 Pembunuhan Terjauh oleh Sniper Sepanjang Masa

Senin, 31 Juli 2023 - 11:34 WIB
loading...
Dari Vietnam hingga Ukraina, 9 Pembunuhan Terjauh oleh Sniper Sepanjang Masa
Dari Vietnam hingga Ukraina, 9 pembunuhan terjauh oleh sniper sepanjang masa. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Aksi penembak runduk atau sniper dalam sebuah peperangan adalah hal yang jamak terjadi. Ini adalah salah satu cara yang efektif untuk menghabisi sosok penting atau personel pasukan musuh dari jarah jauh.

Pada November 2022, Ukraina mengklaim salah satu penembak jitunya menembak seorang tentara Rusia dari jarak sekitar 1,68 mil atau 2,7 kilometer, yang bisa menjadikannya pembunuhan penembak jitu terjauh kedua sepanjang masa.

Berikut adalah daftar pembunuhan terjauh yang dilakukan oleh sniper sepanjang masa yang dilansir dari Insider, Senin (31/7/2023). Namun, yang patut menjadi catatan, tidak ada daftar terverifikasi dari pembunuhan penembak jitu terjauh. Tidak mengherankan mengingat kondisi di mana hal itu terjadi. Ada kemungkinan ada pembunuhan yang seharusnya masuk dalam daftar ini tapi tidak pernah dilaporkan secara publik.

9 pembunuhan terjauh oleh sniper sepanjang masa

9. Nicholas Ranstad (Angkatan Darat AS) - 2 km


Ranstad beroperasi di bagian provinsi Kunar, Afghanistan timur laut, di mana dia menggunakan batu besar untuk latihan sasaran. Dia akan mencatat berbagai variabel yang memengaruhi bidikannya - seperti suhu dan angin - masing-masing setelahnya, seperti dilaporkan New York Post.

Pada Januari 2008, Ranstad melihat empat tentara musuh berdiri dengan nyaman di dekat batu, tulis New York Post. Setelah gagal dalam upaya pertamanya, Ranstad menghabisi salah satu pemberontak dengan tembakan keduanya, meskipun mereka berada di luar jangkauan senjatanya, menurut laporan tersebut.

8. Tentara Afrika Selatan — 2,1 km


Seorang tentara Afrika Selatan yang tidak diketahui identitasnya masuk dalam daftar ini karena berhasil membunuh musuh dari jarak 2,1 km.

Menurut situs berita TimesLIVE Afrika Selatan, tentara itu dikerahkan sebagai bagian dari pasukan PBB dari Afrika Selatan yang memerangi pemberontak di Republik Demokratik Kongo.

Laporan itu menyatakan prajurit itu membunuh enam perwira musuh selama Pertempuran Kibati pada Agustus 2013. Salah satu tembakan dikatakan dari jarak 1,32 mil atau sekitar 2,1 km.

7. Sersan Carlos Hathcock (Korps Marinir AS) — 2,2 km


Hathcock memegang rekor Korps Marinir untuk tembakan pembunuh penembak jitu terjauh yang dikonfirmasi, seperti yang dilaporkan Insider sebelumnya.

Penembak jitu itu mencetak rekor pada tahun 1967 selama Perang Vietnam, dan yang lebih mengesankan lagi ia tidak menggunakan senapan sniper.

Hathcock melakukan pembunuhan jarak jauhnya dengan senapan mesin Browning kaliber M-2,50, yang dapat dipasang dengan teropong teleskopik untuk digunakan pada jarak yang ekstrim.

Dia dianggap sebagai salah satu penembak jitu paling mematikan dalam sejarah Marinir, dengan 93 pembunuhan yang dikonfirmasi atas namanya.

6. Sersan Bryan Kremer (Angkatan Darat AS) — 2,2 km


Kremer dikreditkan dengan membunuh seorang pemberontak Irak pada Maret 2004 saat bertugas dengan Batalyon Ranger ke-2. Outlet militer We Are The Mighty melaporkan bahwa detail peristiwa itu telah dijaga ketat oleh militer, tetapi aksinya menempati peringkat sebagai pembunuhan penembak jitu terjauh oleh seorang tentara Amerika.

Surat kabar Globe and Mail Kanada melaporkan bahwa Kremer mencapai targetnya menggunakan senapan Barrett M82A1.

5. Kopral Arron Perry (Angkatan Darat Kanada) — 2,3 km


The Globe and Mail melaporkan Perry menghabisi seorang pemberontak sejauh 2,44 mil atau sekitar 2,3 km saat bertugas selama Operasi Anaconda di Afghanistan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1366 seconds (0.1#10.140)