Putin: Inisiatif Perdamaian Afrika atau China Dapat Akhiri Perang

Minggu, 30 Juli 2023 - 06:58 WIB
loading...
Putin: Inisiatif Perdamaian Afrika atau China Dapat Akhiri Perang
Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan inisiatif perdamaian Afrika atau China bisa menjadi dasar mengakhiri perang di Ukraina. Foto/NPR
A A A
MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan Moskow tidak menolak untuk berbicara dengan Ukraina . Menurutnya inisiatif perdamaian Afrika serta inisiatif China dapat menjadi dasar perdamaian.

"Ada ketentuan dari inisiatif perdamaian ini yang sedang dilaksanakan," katanya.

"Tapi ada hal-hal yang sulit atau tidak mungkin diterapkan," imbuhnya seperti dikutip dari Sky News, Minggu (30/7/2023).



Putin mengatakan salah satu poin dalam prakarsa Afrika adalah gencatan senjata, tetapi itu sulit diterapkan saat pasukan Ukraina melakukan ofensif.

"Kita tidak bisa menghentikan tembakan ketika kita diserang," ujarnya.

Prakarsa Perdamaian Afrika telah dipresentasikan ke Rusia bulan lalu.



Itu terdiri dari 10 poin, termasuk seruan untuk perdamaian melalui negosiasi, memastikan kedaulatan negara dan jaminan keamanan untuk semua negara.

Mengenai pertanyaan memulai pembicaraan damai, Putin mengatakan Rusia tidak menolaknya dan perlu ada kesepakatan di kedua sisi agar mereka dapat memulai.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy telah menolak gagasan gencatan senjata saat ini, karena hal itu akan membuat Rusia menguasai hampir seperlima negaranya dan memberikan waktu militernya untuk menyusun kekuatan kembali.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1904 seconds (0.1#10.140)