Vladimir Putin: Ukraina, AS, dan NATO Menolak Bicara dengan Rusia

Minggu, 30 Juli 2023 - 00:27 WIB
loading...
Vladimir Putin: Ukraina, AS, dan NATO Menolak Bicara dengan Rusia
Presiden Vladimir Putin sebut Ukraina dan pendukungnya, yakni AS dan NATO, menolak berbicara dengan Rusia untuk temukan solusi damai. Foto/REUTERS
A A A
ST PETERSBURG - Presiden Vladimir Putin mengatakan Rusia siap untuk mencari solusi diplomatik untuk krisis di Ukraina tetapi Kyiv dan para pendukungnya; Amerika Serikat (AS) dan NATO, menolak untuk berbicara dengan Moskow.

“Semua perbedaan harus diselesaikan di meja perundingan,” kata Putin kepada para pemimpin Afrika selama KTT Rusia-Afrika di St Petersburg pada hari Jumat.

“Masalahnya adalah mereka menolak untuk berbicara dengan kami,” ujarnya.

“Rezim Ukraina saat ini juga menolak negosiasi, dan mengumumkannya secara resmi. Presiden Ukraina [Volodymyr Zelensky] telah menandatangani keputusan yang relevan musim gugur lalu," kata Putin, yang dilansir Russia Today, Sabtu (29/7/2023).



Pemimpin Rusia itu mengeklaim bahwa akar dari konflik antara Moskow dan Kyiv adalah penciptaan ancaman terhadap keamanan Rusia oleh AS dan NATO.

"Namun, Washington dan sekutunya juga menolak negosiasi tentang masalah jaminan keamanan yang sama untuk semua pihak, termasuk Rusia," ujarnya.

“Kami telah mengatakan berkali-kali—dan saya telah menyatakannya secara resmi—bahwa kami siap untuk pembicaraan itu,” papar Putin.

“Kami tidak dapat memaksakan negosiasi itu pada mereka,” katanya. "Perlu ada dialog dengan pihak lain juga di pihak komunitas internasional untuk membujuk Ukraina agar terlibat dalam pembicaraan."

Putin juga menekankan bahwa Moskow berterima kasih kepada teman-teman Afrika-nya atas upaya mereka menemukan solusi damai untuk konflik Ukraina.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2059 seconds (0.1#10.140)