6 Kontroversi Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir, Pencetus Gerakan Perebutan Masjid Al-Aqsa

Sabtu, 29 Juli 2023 - 15:43 WIB
loading...
A A A
Ariel Sharon, mantan perdana menteri Israel dan pemimpin Likud, memutuskan pada 2005 untuk membongkar pemukiman ilegal Israel di Jalur Gaza dan mengevakuasi pemukim, sebagai bagian dari rencana militer jangka panjang untuk mengepung warga Palestina di daerah kantong tersebut.

Pemukim Israel di Tepi Barat yang diduduki membenci keputusan itu, dan ketika Sharon menderita stroke dan jatuh koma pada tahun 2006, Ben-Gvir merayakannya dengan pesta dan barbekyu.

"Kami, tentu saja, senang," katanya kemudian. "Kami berharap ada pesan di sini untuk semua orang yang ingin merusak tanah Israel: tanah Israel lebih kuat dari kalian semua," kata Ben-Gvir kepada seorang reporter TV sambil memasak daging.

5. Ingin Mengusir Warga Palestina

6 Kontroversi Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir, Pencetus Gerakan Perebutan Masjid Al-Aqsa

Foto/Reuters

Ben-Gvir tidak merahasiakan keinginan untuk mendeportasi warga Palestina dari tanah dan rumah mereka. Dia juga ingin mengusir politisi yang dianggap "tidak setia" kepada Israel, merujuk pada anggota Knesset yang mewakili warga Palestina Israel dan anggota parlemen Israel yang berhaluan kiri.

“Saat kami membentuk pemerintahan, saya akan mempromosikan Undang-Undang Deportasi, yang akan mendeportasi siapa pun yang bertindak melawan Negara Israel atau tentara IDF,” kata Ben-Gvir.

“Mereka yang melempar batu dan bom molotov ke tentara akan dideportasi dari sini. Mereka yang bekerja melawan negara, seperti Ofer Cassif, akan dideportasi. Mungkin ke Eropa. Mereka membutuhkan tangan yang bekerja di sana.

Cassif adalah satu-satunya anggota parlemen Yahudi untuk Daftar Gabungan sayap kiri pro-Palestina. Ben-Gvir sebelumnya mengatakan undang-undang itu tidak akan berlaku untuk orang Yahudi.

Dia juga menyebut pemimpin aliansi Daftar Bersama Ayman Odeh sebagai seseorang yang akan dia deportasi "dengan kereta api", serta anggota sekte Neturei Karta ultra-Ortodoks anti-Zionis.

6. Menodongkan Pistol ke Warga Palestina

6 Kontroversi Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir, Pencetus Gerakan Perebutan Masjid Al-Aqsa

Foto/Reuters

Ben-Gvir menodongkan senjata ke penduduk Palestina di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur yang diduduki.

Sebelumnya, dia men-tweet sebuah video tentang seorang pria yang melempar batu ke seorang pemukim Israel di Sheikh Jarrah di depan polisi, menulis bahwa: "Alih-alih menembak atau menangkapnya, petugas itu malah mendorongnya kembali. Saya sekarang dalam perjalanan saya ke tempat untuk melindungi penduduk Yahudi. Cukup pergaulan bebas."
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1502 seconds (0.1#10.140)