6 Kontroversi Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir, Pencetus Gerakan Perebutan Masjid Al-Aqsa

Sabtu, 29 Juli 2023 - 15:43 WIB
loading...
6 Kontroversi Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir, Pencetus Gerakan Perebutan Masjid Al-Aqsa
Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir memicu banyak kontroversi dan selalu melancarkan provokasi terhadap warga Palestina. Foto/Reuters
A A A
YERUSALEM - Popularitas Itamar Ben-Gvir karena memicu kontroversi karena dia ingin menyerbu dan menguasai kompleks masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki.

Itamar Ben-Gvir, pemimpin faksi Kekuatan Yahudi Israel , mampu mencetak kemenangan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Aliansi politik mereka, Zionisme Religius, telah memenangkan 14 kursi di parlemen Israel, peningkatan luar biasa dari empat kursi yang mereka menangkan pada tahun 2021.

Meski menjadi menteri keamanan nasional Israel, Ben-Gvir, tidak pernah bertugas di tentara Israel. Sejak awal, dia selalu menuntut untuk diangkat sebagai menteri keamanan publik - secara efektif mengambil alih polisi - dalam pemerintahan yang akan dibentuk oleh Benjamin Netanyahu.

Berikut adalah 6 kontroversi Menteri Keamanan Nasional sayap kanan srael Itamar Ben-Gvir.

1. Ingin Mengusir Umat Islam dari Masjid Al-Aqsa

6 Kontroversi Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir, Pencetus Gerakan Perebutan Masjid Al-Aqsa

Foto/Reuters

Ben-Gvir berulang kali memimpin puluhan ribu nasionalis Yahudi berbaris melalui Kota Tua dan ingin merebut Masjid Al-Aqsa.

"Yerusalem adalah jiwa kami," tulis Ben-Gvir di Telegram, di samping foto dirinya di lokasi di jantung Kota Tua.

Masjid Al-Aqsa adalah situs tersuci ketiga dalam Islam dan dikelola oleh Yordania. Non-Muslim diizinkan untuk mengunjungi situs tersebut, tetapi tidak berdoa di sana.

Kompleks itu juga merupakan situs paling suci bagi orang Yahudi, yang berdoa di bawahnya di Tembok Barat.

Hamas, kelompok bersenjata yang menguasai Gaza, mengecam kunjungan terakhir Ben-Gvir ke situs tersebut. Israel akan "memikul tanggung jawab atas serangan biadab para menterinya dan kawanan pemukim," tulis kelompok itu di Telegram.

Serbuan ke Masjid Al-Aqsa dimulai pada 2021 ,Ben-Gvir, anggota parlemen yang kontroversial itu telah mempelopori penyerbuan pemukim ke kompleks Al-Aqsa, memindahkan kantor parlementernya ke halaman di samping rumah Palestina - yang penduduknya diancam akan diusir pemukim - dan menyebut Haaretz "surat kabar Hamas".

Ben-Gvir, yang tinggal di pemukiman ilegal Kiryat Arba di kota Hebron, Palestina, mentweet pada hari Rabu, "Selamat pagi, orang-orang Israel." "Waktunya telah tiba untuk pemerintahan sayap kanan penuh. Saatnya menjadi tuan tanah di negara kita!" dia menambahkan.

2. Menjadi Yahudi Radikal sejak Kecil

6 Kontroversi Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir, Pencetus Gerakan Perebutan Masjid Al-Aqsa

Foto/Reuters

Ide politik Ben-Gvir dipengaruhi oleh Meir Kahane, seorang rabi berpengaruh, mantan anggota parlemen, dan pendiri partai Kach, yang ingin mendirikan masyarakat Yahudi murni.

Saat berusia 16 tahun, Ben-Gvir bergabung dengan Kach sebagai seorang aktivis sebelum ditetapkan sebagai kelompok teror oleh Amerika Serikat dan dilarang di Israel, ketika pada tahun 1994 seorang anggota Kach membunuh puluhan jemaah Palestina di masjid Ibrahimi di Hebron.

Ben-Gvir juga bertindak sebagai pengacara yang membela aktivis dari Lehava, sebuah kelompok anti-perbedaan ras, yang menyerukan pengusiran penuh warga Palestina dan larangan Natal. Ia memandang gereja sebagai tempat pemujaan berhala.

Pada bulan Mei, Menteri Pertahanan Israel Benny Gantz melontarkan gagasan untuk melabeli Lehava sebagai "kelompok teror" setelah mengorganisir pawai di Yerusalem sementara para anggotanya meneriakkan "Matilah orang Arab".

3. Mendukung Pembunuhan PM Israel Yitzhak Rabin

6 Kontroversi Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir, Pencetus Gerakan Perebutan Masjid Al-Aqsa

Foto/Reuters

Melansir Middle East Eye, Penghinaan Ben-Gvir terhadap perdamaian apa pun dengan Palestina juga terlihat jelas dalam permusuhannya terhadap mantan Perdana Menteri Israel Yitzhak Rabin.

Rabin terbunuh saat masuk ke mobilnya pada tahun 1995, oleh seorang ekstremis Yahudi di sebuah rapat umum di Tel Aviv - pembalasan karena menandatangani perjanjian damai dua tahun sebelumnya dengan Yasser Arafat, ketua Organisasi Pembebasan Palestina.

Ben-Gvir, Netanyahu dan tokoh sayap kanan lainnya yang menentang perjanjian damai mengorganisir rapat umum di Alun-alun Zion Yerusalem sebulan sebelum pembunuhan Rabin, di mana pengunjuk rasa meneriakkan "Matilah Rabin".

Foto Ben-Gvir membawa lambang dari mobil Rabin diterbitkan ulang baru-baru ini. Ben-Gvir dilaporkan berkata, "Kami sampai di mobilnya, dan kami akan menemuinya juga."

Kebencian Ben-Gvir terhadap Rabin, yang memenangkan hadiah Nobel Perdamaian bersama Arafat dan Shimon Peres untuk kesepakatan damai, meluas ke keluarganya. Ben-Gvir, yang diidentifikasi hanya sebagai "aktivis sayap kanan" oleh laporan TV Israel, difilmkan pada Agustus 2012 melecehkan cucu perempuan Rabin dan menuntut agar dia meminta "pengampunan" kepada orang Israel.

4. Merayakan Ariel Sharon yang Terserang Stroke

6 Kontroversi Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir, Pencetus Gerakan Perebutan Masjid Al-Aqsa

Foto/Reuters

Protes keras Ben-Gvir terhadap perdamaian atau kompromi dengan Palestina juga menarik perhatian politisi sayap kanan.

Ariel Sharon, mantan perdana menteri Israel dan pemimpin Likud, memutuskan pada 2005 untuk membongkar pemukiman ilegal Israel di Jalur Gaza dan mengevakuasi pemukim, sebagai bagian dari rencana militer jangka panjang untuk mengepung warga Palestina di daerah kantong tersebut.

Pemukim Israel di Tepi Barat yang diduduki membenci keputusan itu, dan ketika Sharon menderita stroke dan jatuh koma pada tahun 2006, Ben-Gvir merayakannya dengan pesta dan barbekyu.

"Kami, tentu saja, senang," katanya kemudian. "Kami berharap ada pesan di sini untuk semua orang yang ingin merusak tanah Israel: tanah Israel lebih kuat dari kalian semua," kata Ben-Gvir kepada seorang reporter TV sambil memasak daging.

5. Ingin Mengusir Warga Palestina

6 Kontroversi Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir, Pencetus Gerakan Perebutan Masjid Al-Aqsa

Foto/Reuters

Ben-Gvir tidak merahasiakan keinginan untuk mendeportasi warga Palestina dari tanah dan rumah mereka. Dia juga ingin mengusir politisi yang dianggap "tidak setia" kepada Israel, merujuk pada anggota Knesset yang mewakili warga Palestina Israel dan anggota parlemen Israel yang berhaluan kiri.

“Saat kami membentuk pemerintahan, saya akan mempromosikan Undang-Undang Deportasi, yang akan mendeportasi siapa pun yang bertindak melawan Negara Israel atau tentara IDF,” kata Ben-Gvir.

“Mereka yang melempar batu dan bom molotov ke tentara akan dideportasi dari sini. Mereka yang bekerja melawan negara, seperti Ofer Cassif, akan dideportasi. Mungkin ke Eropa. Mereka membutuhkan tangan yang bekerja di sana.

Cassif adalah satu-satunya anggota parlemen Yahudi untuk Daftar Gabungan sayap kiri pro-Palestina. Ben-Gvir sebelumnya mengatakan undang-undang itu tidak akan berlaku untuk orang Yahudi.

Dia juga menyebut pemimpin aliansi Daftar Bersama Ayman Odeh sebagai seseorang yang akan dia deportasi "dengan kereta api", serta anggota sekte Neturei Karta ultra-Ortodoks anti-Zionis.

6. Menodongkan Pistol ke Warga Palestina

6 Kontroversi Menteri Keamanan Nasional Israel Itamar Ben-Gvir, Pencetus Gerakan Perebutan Masjid Al-Aqsa

Foto/Reuters

Ben-Gvir menodongkan senjata ke penduduk Palestina di lingkungan Sheikh Jarrah di Yerusalem Timur yang diduduki.

Sebelumnya, dia men-tweet sebuah video tentang seorang pria yang melempar batu ke seorang pemukim Israel di Sheikh Jarrah di depan polisi, menulis bahwa: "Alih-alih menembak atau menangkapnya, petugas itu malah mendorongnya kembali. Saya sekarang dalam perjalanan saya ke tempat untuk melindungi penduduk Yahudi. Cukup pergaulan bebas."

Segera setelah itu, Ben-Gvir muncul di Sheikh Jarrah bersama sekelompok pemukim yang mencoba menyerbu rumah seorang Palestina, dan memotong ban mobil di lingkungan tersebut.

Saat orang-orang Palestina mulai melempari Ben-Gvir dan kelompoknya dengan batu, dan para petugas mulai mengawalnya pergi, politisi itu menarik pistol, memberi tahu para petugas: "Jika mereka melempar batu, tembak mereka."

Sebelumnya, dia menodongkan senjata ke dua penjaga keamanan Palestina di tempat parkir Tel Aviv. Pertengkaran dimulai saat pengemudi Ben-Gvir parkir di tempat yang tidak ditentukan. Kedua warga Palestina itu tampak meminta Ben-Gvir untuk tidak parkir di area terlarang. Tetapi dalam beberapa menit dia mengeluarkan senjatanya, berteriak pada salah satu penjaga: "Saya akan menjagamu."
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1092 seconds (0.1#10.140)