Kudeta Militer di Niger, Prigozhin: Perjuangan Rakyat Melawan Penjajah

Jum'at, 28 Juli 2023 - 20:53 WIB
loading...
A A A
Presiden Niger, Mohamed Bazoum digulingkan dari kekuasaannya dalam kudeta militer pada Rabu, (26/7/2023) pagi. Kudeta tersebut dilakukan oleh pasukan pengawal presiden.



Para prajurit di belakang kudeta belum mengumumkan seorang pemimpin, dan Bazoum – yang terpilih dua tahun lalu dalam pemindahan kekuasaan demokratis pertama Niger sejak mendeklarasikan kemerdekaan dari Prancis pada tahun 1960 – belum mengundurkan diri.

Beberapa komunikasi publik terakhir dari pemerintah termasuk tweet yang menantang oleh presiden pada hari Kamis yang menyatakan bahwa demokrasi akan menang, dan seruan oleh menteri luar negeri, Hassoumi Massoudou, di outlet media France 24, agar warga Niger menentang pemberontakan.

Seseorang yang dekat dengan presiden yang tidak berwenang untuk berbicara tentang situasi tersebut mengatakan kepada Associated Press bahwa Bazoum tidak berniat mengundurkan diri dan pembicaraan sedang berlangsung.

Namun, tidak jelas siapa yang terlibat dalam dialog, sifat diskusi atau bagaimana prosesnya.

Awal pekan ini, Ecowas (Masyarakat Ekonomi Negara-Negara Afrika Barat), mengatakan telah mengirim presiden Benin, Patrice Talon, untuk memimpin upaya mediasi, tetapi Talon tidak berada di negara tersebut pada hari Jumat. Pemberontak, dalam pidato pertama mereka ke negara itu pada Rabu malam, mendesak "mitra eksternal" untuk tidak ikut campur.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1717 seconds (0.1#10.140)