Profil Presiden Belarusia Alexander Lukashenko: Sobat Putin, Penampung Wagner

Kamis, 20 Juli 2023 - 05:47 WIB
loading...
A A A
Sebagaai seorang pemimpin yang otoriter dan tidak dapat diprediksi, dia menentang reformasi ekonomi dan politik, menekan perbedaan pendapat di media dan di antara orang-orang, dan memimpin Belarusia ke dalam isolasi dari tetangganya di Eropa dan komunitas internasional.

Pada tahun 1999 Lukashenko dan Yeltsin berhasil menandatangani Traktat tentang Penciptaan Negara Persatuan, yang mengusulkan kerja sama yang luas tetapi menetapkan kemerdekaan bagi kedua negara.

Meskipun masa jabatan Lukashenko dijadwalkan berakhir pada tahun 1999, dia terus menjabat di bawah ketentuan baru yang telah dia negosiasikan.

Terpilih kembali pada tahun 2001, dia mengawasi pengesahan amandemen kontroversial pada tahun 2004 yang memungkinkannya untuk mencalonkan diri untuk masa jabatan ketiga.

Lukashenko memenangkan pemilu 2006 di tengah tuduhan kecurangan. Banyak negara dan organisasi mengutuk pemilu tersebut, dan Uni Eropa (UE) kemudian melarang Lukashenko dan sejumlah pejabatnya memasuki salah satu negara anggotanya.

Pada tahun 2008, dalam upaya untuk meningkatkan hubungan dengan Belarusia, Uni Eropa untuk sementara mencabut larangan perjalanannya terhadap sang presiden. Lukashenko dengan mudah memenangkan masa jabatan lain sebagai presiden dalam pemilihan yang diadakan pada akhir 2010, dan, seperti pada tahun 2006, ada dugaan penyimpangan dalam pemungutan suara.

Pada tahun 2014, Lukashenko memasukkan dirinya ke dalam konflik di Ukraina timur ketika dia menawarkan untuk menengahi kesepakatan yang diharapkan akan mengakhiri pemberontakan yang didukung Rusia di sana.

Sepasang pertemuan diadakan di Minsk dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Petro Poroshenko, dan hasilnya adalah protokol 13 poin yang meletakkan dasar untuk gencatan senjata.

Meskipun implementasi sebenarnya dari perjanjian itu lambat datang dan pertempuran terus berlanjut di Donetsk, beberapa pengamat percaya bahwa kemunculan Lukashenko sebagai calon pembawa perdamaian regional mungkin menandakan niat untuk meninggalkan kecenderungan otokratis yang menjadi ciri pemerintahannya.

Memang, jelang pemilihan presiden 2015, Lukashenko membebaskan sejumlah tahanan politik dan menyambut baik pengamat internasional. Dalam kontes itu Lukashenko sekali lagi mengeklaim kemenangan luar biasa melawan oposisi, tetapi "masalah signifikan" dengan proses pemilihan dicatat oleh Organisasi untuk Keamanan dan Kerjasama di Eropa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1274 seconds (0.1#10.140)