Profil Presiden Belarusia Alexander Lukashenko: Sobat Putin, Penampung Wagner

Kamis, 20 Juli 2023 - 05:47 WIB
loading...
A A A
Lahir 30 Agustus 1954 di Kopys, Lukashenko menganut prinsip komunis. Dia merupakan lulusan Institut Pengajaran Mogilyov dan Akademi Pertanian Belarusia.

Pada pertengahan 1970-an dia menjadi instruktur dalam urusan politik, dan dia menghabiskan lima tahun di ketentaraan.

Dia kemudian memegang jabatan kecil di Komsomol (organisasi pemuda komunis) dan di organisasi partai lokal.

Dari tahun 1982 hingga 1990, dia memegang jabatan manajemen dan partai di pertanian kolektif dan negara bagian dan di sebuah pabrik bahan bangunan.

Dia terpilih menjadi anggota Parlemen Republik Sosialis Soviet Belarusia pada tahun 1990.

Di Parlemen, Lukashenko menciptakan faksi yang disebut Komunis untuk Demokrasi. Dia adalah satu-satunya wakil yang menentang perjanjian Desember 1991 yang menyebabkan pembubaran Uni Soviet.

Dia mempertahankan hubungan dekat dengan faksi komunis konservatif di Belarusia yang merdeka dan memiliki hubungan dengan kelompok serupa di Rusia.

Pada tahun 1994, dia berbicara kepada Duma Negara Rusia di Moskow dengan seruan untuk pembentukan persatuan baru negara-negara Slavia.

Ketika terpilih sebagai Presiden Belarusia tahun 1994, Lukashenko mempromosikan hubungan yang lebih dekat dengan Rusia dan pada tahun-tahun berikutnya menandatangani sejumlah perjanjian dengan Presiden Rusia saat itu, Boris Yeltsin, yang menyerukan berbagai bentuk persatuan antara kedua negara.

Pada tahun 1996, Lukashenko membujuk para pemilih untuk menyetujui konstitusi baru yang memberinya kekuasaan tambahan, termasuk hak untuk memperpanjang masa jabatannya, untuk memerintah dengan keputusan, dan untuk menunjuk sepertiga dari majelis tinggi parlemen.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1591 seconds (0.1#10.140)