Trump Jadi Target Tersangka dalam Penyelidikan Pemilu AS 2020

Selasa, 18 Juli 2023 - 23:36 WIB
loading...
A A A
Smith juga memimpin penuntutan dalam kasus itu.

Sebagai bagian dari penyelidikan pemilu 2020, dewan juri di gedung pengadilan federal di Washington, D.C., telah mendengar kesaksian dari mantan pejabat tinggi pemerintahan Trump, mantan pengacara Gedung Putih Pat Cipollone, dan Wakil Presiden Trump Mike Pence.

Baru-baru ini, mantan pengacara Trump, Rudy Giuliani, diwawancarai oleh penyelidik dari kantor Smith.

Pada 6 Januari 2021, mengamuk di Capitol, pendukung Trump menggunakan senjata termasuk semprotan kimia dan tameng anti huru hara untuk menyerang polisi dan masuk ke gedung, memaksa anggota parlemen yang sedang dalam proses pengesahan hasil pemilu.

Serangan itu terjadi tak lama setelah Trump mengatakan kepada pendukungnya dalam pidato penghasutan di dekat Gedung Putih untuk berbaris di Capitol dan "berjuang sekuat tenaga" untuk "menghentikan pencurian" pemilihan.

Lebih dari 1.000 orang telah didakwa dengan kejahatan yang berhubungan dengan kerusuhan, termasuk beberapa yang telah dihukum karena konspirasi yang menghasut.

Dalam postingannya, Truth Social, Trump mengatakan kantor Smith telah memberinya "4 hari yang sangat singkat" untuk menghadap dewan juri dalam penyelidikan.

Dalam penyelidikan federal, target yang tidak dipanggil untuk bersaksi di hadapan dewan juri atau yang tidak mengajukan permintaan semacam itu terkadang diberikan kesempatan untuk melakukannya sebelum jaksa mengajukan dakwaan.



Trump adalah mantan presiden pertama yang didakwa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1162 seconds (0.1#10.140)