10 Hal Menyenangkan tentang Demilitarized Zone (DMZ) di Perbatasan Korut-Korsel

Rabu, 19 Juli 2023 - 03:10 WIB
loading...
A A A
Terowongan ini memiliki panjang 1,64 kilometer, tinggi 2 meter, lebar 2 meter, dan berada sekitar 73 m di bawah tanah. Dikatakan bahwa sekitar 30.000 tentara dapat bergerak per jam melalui terowongan ini.

6. Ada Juga Suvenir Terkait DMZ!

Dari beras Korea Utara hingga 'Obalju', alkohol Korea Utara, Anda dapat menemukan suvenir unik di toko suvenir di sebelah pintu masuk Terowongan Ketiga.

7. Observatorium Dora

10 Hal Menyenangkan tentang Demilitarized Zone (DMZ) di Perbatasan Korut-Korsel

Foto/Reuters

Observatorium Dora adalah tempat Anda dapat melihat ke wilayah utara melalui teropong. Saat cuaca bagus, Anda akan dapat melihat patung Kim Il-sung dan sebuah desa di dekat Kota Gaeseong bernama Gijeongdong.

Cari juga tiang bendera yang tercatat di Guinness Book of Records sebagai tiang bendera tertinggi di dunia, yaitu setinggi 160 meter! Jika Anda tidak ingin melewatkan kesempatan untuk melihat wilayah Korea Utara ini, pastikan Anda membawa koin untuk teropong!

8. Kunjungi Gerbang Harapan dan Penyatuan

Stasiun Dorasan adalah salah satu stasiun kereta paling utara di Jalur Gyeongui yang berjarak 700m dari garis batas selatan DMZ. Meski belum beroperasi, stasiun kereta api ini berdiri sebagai tempat simbolis yang memberikan harapan bagi masyarakat Korea.

9. Dipenuhi Hamparan Tanah Tak Bertuan

10 Hal Menyenangkan tentang Demilitarized Zone (DMZ) di Perbatasan Korut-Korsel

Foto/Reuters

Melansir Reuters, hamparan luas DMZ telah menjadi tanah tak bertuan selama lebih dari 60 tahun, tempat satwa liar tumbuh subur tanpa gangguan. Bagian lain darinya menawarkan campuran instalasi militer dan tempat wisata yang meresahkan.

Korea Selatan memperkirakan Utara mengoperasikan sekitar 160 pos jaga di sepanjang DMZ dan Selatan memiliki 60.

DMZ juga dipenuhi dengan dengan ranjau darat yang ditanam selama beberapa dekade - sebanyak 970.000 di bagian selatan saja, menurut Landmine and Cluster Munition Monitor, sebuah kelompok sipil yang berbasis di Jenewa.

Selama bertahun-tahun, kedua belah pihak menyebarkan propaganda melalui DMZ ke wilayah masing-masing. Siaran berakhir setelah perjanjian militer 2018.

10. Eksplorasi JSA dan Panmunjom

Bagi yang ingin merasakan dan merasakan suasana yang lebih mencekam, cobalah mengikuti JSA (Joint Security Area) dan Panmunjom Tour ini. Ada lebih banyak batasan saat mengunjungi JSA dan Panmunjom.

Panmunjom adalah tempat kedua negara bertemu, dan JSA adalah gedung biru tempat negosiasi diadakan sejak tahun 1953. Orang bisa melihat Korea Utara dan Korea Selatan saling berhadapan, yang akan menjadi pengalaman yang sangat unik bagi Anda di Korea.

Terakhir, tidak ada tempat lain di Korea Selatan di mana Anda bisa sedekat ini dengan Korea Utara dan tentara Korea Utara seperti DMZ, jadi jika ada kesempatan, lebih baik Anda mengambilnya.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1786 seconds (0.1#10.140)