10 Hal Menyenangkan tentang Demilitarized Zone (DMZ) di Perbatasan Korut-Korsel

Rabu, 19 Juli 2023 - 03:10 WIB
loading...
10 Hal Menyenangkan tentang Demilitarized Zone (DMZ) di Perbatasan Korut-Korsel
DMZ menjadi destinasi wisata yang menyenangkan. Foto/Reuters
A A A
SEOUL - Demilitarized Zone atau Zona Demilitarisasi (DMZ) bukan hal yang sesuatu yang menyeramkan saja di perbatasan Korea Utara (Korut) dan Korea Selatan (Korsel). DMZ dikenal sebagai salah satu destinasi ketika berkunjung ke Korsel.

DMZ menjadi pemberitaan setelah seorang warga negara Amerika Serikat (AS) mungkin ditahan setelah menyeberang ke Korut pada Selasa (18/7/2023) selama tur di “desa damai” Panmunjom.

Dikenal secara resmi sebagai Area Keamanan Bersama (JSA), di Zona Demiliterisasi (DMZ) yang dijaga ketat, telah menjadi pusat insiden diplomatik dan militer yang dramatis selama bertahun-tahun.

Yang paling terkenal, tentara Korea Utara yang menggunakan kapak di DMZ pada tahun 1976 membunuh dua tentara AS yang sedang menebang pohon poplar untuk mendapatkan pandangan yang jelas. Pada tahun 2017, seorang tentara Korea Utara dihujani peluru oleh rekan-rekannya, tetapi akhirnya selamat saat dia berlari ke Selatan.

Kali ini, bukan hal menyedihkan berkaitan dengan DMZ. Berikut adalah 10 hal yang menyenangkan berkaitan dengan DMZ.

1. Perang Korea Membagi Semenanjung Korea menjadi Dua

10 Hal Menyenangkan tentang Demilitarized Zone (DMZ) di Perbatasan Korut-Korsel

Foto/Reuters

Setelah Perang Korea, garis gencatan senjata ditarik melintasi Semenanjung Korea dan gencatan senjata diberlakukan, yang berarti Korea Utara dan Korea Selatan masih resmi berperang.

Sudah lebih dari 70 tahun sejak Selatan dan Utara terpecah dan ada kalanya beberapa insiden meningkatkan ketegangan di antara mereka. Namun demikian, diragukan bahwa kedua negara ini akan berperang di masa depan (semoga).


2. Apa itu DMZ? Apakah Ini Benar-Benar Berbahaya?

10 Hal Menyenangkan tentang Demilitarized Zone (DMZ) di Perbatasan Korut-Korsel

Foto/Reuters

Bagi Anda yang masih asing dengan DMZ, ini adalah zona penyangga antara kedua Korea yang didirikan pada 27 Juli 1953, saat Perjanjian Gencatan Senjata ditandatangani saat Perang Korea. Membagi negara menjadi Korea Selatan dan Utara, sebidang tanah melintasi Semenanjung Korea ini memiliki panjang 250 km (160 mil), dan lebar sekitar 4 km (2,5 mil), dan aktivitas militer dilarang di daerah ini.

Tidak ternoda dan tidak terganggu untuk waktu yang lama, zona tersebut telah menjadi surga bagi satwa liar dan spesies yang terancam punah saat ini. Dan tidak, itu tidak berbahaya seperti yang mungkin Anda pikirkan. Sebenarnya cukup damai dan bahkan aman, jika Anda melihat ke tanah yang terbentang di depan Anda. Yah, setidaknya zona dan sekitarnya.


3. Jadi Destinasi Wisata Terkenal

10 Hal Menyenangkan tentang Demilitarized Zone (DMZ) di Perbatasan Korut-Korsel

Foto/Reuters

Melansir trazy, akses sipil ke DMZ dikontrol dengan ketat. Jadi ketika ada yang mengatakan mereka mengunjungi DMZ, itu berarti mereka pergi ke lokasi wisata yang ditunjuk di daerah tersebut. Bahkan mobil pribadi dan taksi tidak diperbolehkan!

Satu-satunya cara Anda dapat mengunjungi DMZ adalah melalui tur yang ditawarkan oleh agen perjalanan tertentu. Dan untuk wisata DMZ, pemesanan jauh-jauh hari sangat disarankan.

Karena Korut masih menjadi salah satu negara paling terisolasi dan terpencil di dunia saat ini, tur DMZ menawarkan kesempatan besar bagi Anda untuk mengintip apa yang ada di luar perbatasan dari Selatan dan juga belajar tentang sejarah tragis Korea.

4. Wisata Perang

10 Hal Menyenangkan tentang Demilitarized Zone (DMZ) di Perbatasan Korut-Korsel

Foto/Reuters

Biasanya, Tur DMZ dimulai atau diakhiri di tempat yang disebut Resor Imjingak dan Taman Perdamaian Nuri, satu setengah jam berkendara dari Seoul.

Terletak 7 km dari Garis Demarkasi Militer (MDL), perbatasan darat antara Korea Utara dan Korea Selatan, kawasan ini terbuka untuk dikunjungi oleh orang asing dan penduduk lokal tanpa melalui pos pemeriksaan keamanan apa pun.

Saat ini, Nuri Peace Park adalah tempat yang bagus untuk pasangan, teman, dan keluarga untuk menghabiskan waktu dan bersantai. Area yang didekorasi dengan indah dengan pahatan artistik ini mengadakan pertunjukan dari waktu ke waktu.

Anda juga dapat melihat tank dan peralatan perang yang digunakan selama perang. Keren sekali! Bahkan ada taman hiburan di dekat Nuri Peace Park di mana Anda dan seluruh keluarga juga akan bersenang-senang.

Dibangun pada tahun 1972, gedung bertingkat tiga ini bernama Imjingak, yang dikelilingi oleh beberapa monumen, Unification Park, dan North Korea Center.

Di dalam gedung, Anda dapat melihat pameran dan koleksi berbagai peninggalan dan monumen yang berkaitan dengan Perang Korea dan konfrontasi Selatan-Utara berikutnya. Di depan Imjingak, Anda bisa menemukan kereta tua yang dulunya membawa penumpang ke ujung utara Semenanjung Korea sebelum kedua Korea terbagi.

5. Belajar Perang Korea di Teater DMZ

Setelah melewati pos pemeriksaan keamanan, Anda akan dapat mengunjungi tempat-tempat wisata seperti DMZ Exhibition Hall yang terdiri dari teater, Special Exhibition Hall, dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

Teaternya mungkin tidak mewah, tetapi tempat ini pasti membantu Anda memahami DMZ dengan lebih baik. Di sini, Anda bisa menonton film 3D pendek tentang Perang Korea, kapan dan bagaimana DMZ dibuat serta ekologi DMZ.

5. Jelajahi Terowongan Ketiga!

Terowongan Infiltrasi ke-3, atau kebanyakan dikenal sebagai Terowongan Ketiga, adalah terowongan bawah tanah yang digali oleh tentara Utara untuk serangan mendadak ke Seoul, yang terletak hanya 52 km dari Seoul!

Terowongan ini memiliki panjang 1,64 kilometer, tinggi 2 meter, lebar 2 meter, dan berada sekitar 73 m di bawah tanah. Dikatakan bahwa sekitar 30.000 tentara dapat bergerak per jam melalui terowongan ini.

6. Ada Juga Suvenir Terkait DMZ!

Dari beras Korea Utara hingga 'Obalju', alkohol Korea Utara, Anda dapat menemukan suvenir unik di toko suvenir di sebelah pintu masuk Terowongan Ketiga.

7. Observatorium Dora

10 Hal Menyenangkan tentang Demilitarized Zone (DMZ) di Perbatasan Korut-Korsel

Foto/Reuters

Observatorium Dora adalah tempat Anda dapat melihat ke wilayah utara melalui teropong. Saat cuaca bagus, Anda akan dapat melihat patung Kim Il-sung dan sebuah desa di dekat Kota Gaeseong bernama Gijeongdong.

Cari juga tiang bendera yang tercatat di Guinness Book of Records sebagai tiang bendera tertinggi di dunia, yaitu setinggi 160 meter! Jika Anda tidak ingin melewatkan kesempatan untuk melihat wilayah Korea Utara ini, pastikan Anda membawa koin untuk teropong!

8. Kunjungi Gerbang Harapan dan Penyatuan

Stasiun Dorasan adalah salah satu stasiun kereta paling utara di Jalur Gyeongui yang berjarak 700m dari garis batas selatan DMZ. Meski belum beroperasi, stasiun kereta api ini berdiri sebagai tempat simbolis yang memberikan harapan bagi masyarakat Korea.

9. Dipenuhi Hamparan Tanah Tak Bertuan

10 Hal Menyenangkan tentang Demilitarized Zone (DMZ) di Perbatasan Korut-Korsel

Foto/Reuters

Melansir Reuters, hamparan luas DMZ telah menjadi tanah tak bertuan selama lebih dari 60 tahun, tempat satwa liar tumbuh subur tanpa gangguan. Bagian lain darinya menawarkan campuran instalasi militer dan tempat wisata yang meresahkan.

Korea Selatan memperkirakan Utara mengoperasikan sekitar 160 pos jaga di sepanjang DMZ dan Selatan memiliki 60.

DMZ juga dipenuhi dengan dengan ranjau darat yang ditanam selama beberapa dekade - sebanyak 970.000 di bagian selatan saja, menurut Landmine and Cluster Munition Monitor, sebuah kelompok sipil yang berbasis di Jenewa.

Selama bertahun-tahun, kedua belah pihak menyebarkan propaganda melalui DMZ ke wilayah masing-masing. Siaran berakhir setelah perjanjian militer 2018.

10. Eksplorasi JSA dan Panmunjom

Bagi yang ingin merasakan dan merasakan suasana yang lebih mencekam, cobalah mengikuti JSA (Joint Security Area) dan Panmunjom Tour ini. Ada lebih banyak batasan saat mengunjungi JSA dan Panmunjom.

Panmunjom adalah tempat kedua negara bertemu, dan JSA adalah gedung biru tempat negosiasi diadakan sejak tahun 1953. Orang bisa melihat Korea Utara dan Korea Selatan saling berhadapan, yang akan menjadi pengalaman yang sangat unik bagi Anda di Korea.

Terakhir, tidak ada tempat lain di Korea Selatan di mana Anda bisa sedekat ini dengan Korea Utara dan tentara Korea Utara seperti DMZ, jadi jika ada kesempatan, lebih baik Anda mengambilnya.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1879 seconds (0.1#10.140)