3 Dampak jika Perang Amerika Serikat vs Rusia Jadi Kenyataan

Sabtu, 08 Juli 2023 - 17:00 WIB
loading...
3 Dampak jika Perang Amerika Serikat vs Rusia Jadi Kenyataan
Dunia akan kiamat jika AS dan Rusia terlibat dalam perang secara langsung. Foto/Reuters
A A A
MOSKOW - Perang Dunia III atau perang kiamat di mana Amerika Serikat (AS) dan Rusia terlibat dalam pertempuran secara langsung sudah diprediksi akan terjadi. Tapi, itu hanya masalah waktu semata. Jika terjadi, maka perang tersebut akan menimbulkan kehancuran bukan hanya bagi kedua negara, tetapi seluruh dunia.

Berikut adalah 3 dampak nyata jika AS dan Rusia terlibat dalam peperangan secara langsung.

1. Dunia Akan Kiamat karena Perang Nuklir

3 Dampak jika Perang Amerika Serikat vs Rusia Jadi Kenyataan

Foto/Reuters

Bahkan dengan perlucutan senjata nuklir yang lambat sejak akhir Perang Dingin, AS dan Rusia masing-masing memiliki ribuan hulu ledak nuklir yang siap. Seperti yang dicatat Eugene Chow awal tahun ini, seluruh persediaan rudal balistik antarbenua (ICBM) AS - 448 aktif - pada dasarnya ditujukan langsung ke Rusia. Ratusan ICBM Rusia mungkin membalas.

Melansir Newsweek, secara keseluruhan, AS memiliki sekitar 7.700 hulu ledak nuklir, termasuk 1.950 hulu ledak yang siap digunakan melalui ICBM, kapal selam, dan pesawat terbang, ditambah ribuan lainnya dalam kapur barus atau menunggu untuk dibongkar.

Rusia memiliki sedikit lebih banyak hulu ledak secara keseluruhan – sekitar 8.500 – tetapi sedikit lebih sedikit dari 1.800 yang beroperasi. China, sebagai perbandingan, memiliki sekitar 250 hulu ledak nuklir, sedikit lebih sedikit dari Prancis (300) dan sedikit lebih banyak dari Inggris (225).


2. Perang Konvensional di Eropa Timur

3 Dampak jika Perang Amerika Serikat vs Rusia Jadi Kenyataan

Foto/Reuters

Perang akan meluas ke negara-negara Eropa Timur, seperti Polandia, hingga negara-negara Skandinavia. Itu dikarenakan mereka adalah anggota NATO.

Dinamika pertama adalah bahwa Rusia akan memiliki keunggulan lapangan: Angkatan Laut Rusia telah lama menyebut Krimea sebagai basisnya.

Titik awal besar lainnya adalah bahwa AS dan sekutu NATO-nya mengepung Rusia secara efektif. Menurut perhitungan publiknya sendiri, AS memiliki 598 fasilitas militer di 40 negara, bersama dengan 4.461 pangkalan di AS dan wilayah AS.

Seiring dengan banyaknya pangkalan di Jerman, AS memiliki instalasi militer utama di Qatar dan atol Diego Garcia di selatan Rusia dan Jepang dan Korea Selatan di timurnya. Sekutu NATO Prancis dan Inggris bahkan lebih dekat.


3. Perang Proksi Berlanjut

3 Dampak jika Perang Amerika Serikat vs Rusia Jadi Kenyataan

Foto/Reuters

Pendek dari perdamaian yang dinegosiasikan tanpa korban, ini adalah pilihan terbaik dari yang buruk. AS dan Rusia telah melakukan serangkaian perang proksi, yang terbesar adalah Vietnam hingga Afghanistan.

Dalam skenario ini, AS mungkin membiayai pasukan Ukraina untuk melawan tentara Rusia, dengan kemungkinan tujuan mengusir mereka dari wilayah Ukraina. Atau, seandainya AS atau NATO mendukung tentara Ukraina, Rusia mungkin mendanai gerakan separatis pro-Moskow di Ukraina untuk melawannya.

Rusia membantu Vietnam mengalahkan AS di Asia Tenggara, dan AS membantu Mujahidin mengalahkan Soviet di Afghanistan. Jika pola itu berlaku, dan Ukraina adalah medan pertempuran, maka itu adalah kabar buruk bagi tentara pendudukan.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1371 seconds (0.1#10.140)