5 Isu Utama KTT NATO di Lithuania, Nomor 3 Mencegah Invasi Rusia ke Eropa Timur

Jum'at, 07 Juli 2023 - 05:30 WIB
loading...
5 Isu Utama KTT NATO di Lithuania, Nomor 3 Mencegah Invasi Rusia ke Eropa Timur
NATO akan berkonsolidasi mencegah invasi Rusia ke negara-negara di Eropa Timur. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Para pemimpin NATO akan bertemu di Vilnius pada 11-12 Juli untuk membahas berbagai topik, mulai dari perpecahan atas tawaran keanggotaan Ukraina dan aksesi Swedia hingga meningkatkan persediaan amunisi dan meninjau rencana pertahanan pertama dalam beberapa dekade.

Ini akan menjadi KTT NATO keempat sejak invasi Rusia ke Ukraina, dengan yang pertama diadakan secara virtual pada 25 Februari 2022, hanya satu hari setelah serangan itu, diikuti dengan pertemuan di Brussel dan Madrid.

Kesibukan pertemuan yang luar biasa berbeda dengan ritme KTT NATO tahunan sebelumnya dan menunjukkan bagaimana perang di depan pintunya telah membawa aliansi kembali ke fokus.

Langkah-langkah keamanan di Vilnius akan tinggi, dengan tiga unit pertahanan udara Patriot Jerman dikerahkan untuk melindungi tempat tersebut, yang pertama untuk KTT NATO.



Jet tempur tambahan akan berpatroli di langit Lituania, yang terjepit di antara eksklaf Rusia di Kaliningrad dan Belarusia dan telah lama dipandang sebagai tempat yang rentan di sayap timur NATO.

Berikut adalah 5 isu-isu utama yang akan dibahas di Vilnius.

1. Keanggotaan Ukraina
5 Isu Utama KTT NATO di Lithuania, Nomor 3 Mencegah Invasi Rusia ke Eropa Timur

Foto/Reuters

Melansir Reuters, KTT tampaknya akan didominasi oleh bagaimana NATO akan menentukan hubungan masa depannya dengan Ukraina, di tengah seruan berulang kali oleh Presiden Volodymyr Zelenskiy agar Kyiv menerima undangan ke dalam aliansi di Vilnius.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg telah menjelaskan bahwa Kyiv tidak akan menjadi anggota selama perang berlangsung, dan KTT Vilnius juga tidak akan mengeluarkan undangan resmi.

Namun, sekutu terpecah atas seberapa cepat Ukraina harus diizinkan untuk bergabung setelah pertempuran berakhir.

Sementara negara-negara Eropa timur mengatakan peta jalan harus ditawarkan ke Kyiv di KTT, Amerika Serikat dan Jerman mewaspadai setiap langkah yang mungkin membawa aliansi lebih dekat ke perang dengan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1791 seconds (0.1#10.140)