5 Strategi Ukraina Lawan Drone Kamikaze Rusia, Mengintensifkan Produk Lokal Dibandingkan Asing

Rabu, 05 Juli 2023 - 22:15 WIB
loading...
5 Strategi Ukraina Lawan Drone Kamikaze Rusia, Mengintensifkan Produk Lokal Dibandingkan Asing
Ukraina mengintensifkan produksi drone untuk melawan Rusia. Foto/Reuters
A A A
KYIV - Di ruang bawah tanah di pusat kota Kyiv akhir bulan lalu, jauh dari mata-mata, ratusan insinyur dan inovator bertemu dengan pejabat militer Ukraina untuk bertukar pikiran tentang cara melumpuhkan drone kamikaze yang diluncurkan Rusia.

Itu adalah pandangan dekat yang langka tentang perlombaan senjata teknologi Ukraina dengan Rusia yang mengacu pada inovasi sektor swasta yang diunggulkan dengan modal ventura negara, dan yang memompa keluar ribuan drone tempur dalam industri masa perang yang sedang berkembang pesat.

Itu menunjukkan bagaimana kerja keras Ukraina dalam melawan Rusia. Mereka melibatkan bukan hanya militer, tetapi industri swasta dan hingga para pakar teknologi.

Berikut adalah 5 strategi Ukraina dalam melawan drone kamikaze milik Rusia.

1. Mengajak Pakar dan Industri Tekhnologi Terlibat

5 Strategi Ukraina Lawan Drone Kamikaze Rusia, Mengintensifkan Produk Lokal Dibandingkan Asing

Foto/Reuters

"Perang hari ini bersifat teknologi, dengan perubahan teknologi dan di medan perang terjadi setiap hari," kata Mykhailo Fedorov, wakil perdana menteri dan menteri transformasi digital Ukraina, di sela-sela pertemuan tersebut.

Fedorov mengatakan produksi drone sekarang dilakukan di seluruh Ukraina. Dia menambahkan bahwa produsen telah diberitahu untuk menyebarkan pekerjaan di lokasi yang berbeda dan menggunakan tempat perlindungan bom untuk bagian dari proses produksi.

“Kami melihat bahwa hari ini pendekatan ini berhasil dan semua produsen terus bekerja dan rudal tidak mencapai produksi. Mereka (serangan) memang terjadi, tetapi tidak dalam skala seperti itu,” katanya.

"Lebih dari 80% drone yang dibeli adalah buatan Ukraina dan dirakit di Ukraina", tambah Fedorov.

Sementara itu, Anatoliy Khrapchynskyi, yang bekerja di sebuah perusahaan yang mengembangkan teknologi peperangan elektronik, membandingkan pendekatan inovasi teknologi Ukraina dengan pendekatan Rusia.

"Pendekatan Rusia bersifat top-down dan didominasi oleh organisasi negara, pendekatan Ukraina didorong oleh sektor swasta dan melibatkan banyak perusahaan berukuran lebih kecil," kata Khrapchynskyi.

Ukraina mengandalkan modal ventura negara membantu memperluas produksi dalam negeri dan Ukraina memiliki keunggulan atas Rusia karena dapat berbagi teknologi dengan mitra asing dan tidak perlu khawatir tentang sanksi. Berkat dana tersebut, perusahaan mulai melokalkan produksi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1740 seconds (0.1#10.140)