Fakta-fakta di Balik Kembalinya Bos Wagner Yevgeny Prigozhin ke Rusia

Jum'at, 07 Juli 2023 - 15:43 WIB
loading...
A A A
"Pemimpin Grup Wagner Yevgeny Prigozhin benar-benar bebas dan tidak berisiko," kata Lukashenko seperti dikutip dari Sky News, Jumat (7/7/2023).

Komentar tersebut muncul tak lama setelah ia mengonfirmasi bahwa pemimpin Wagner itu berada di Rusia, meskipun diasingkan dari negara tersebut setelah setuju untuk pindah ke Belarusia.

Namun sebuah program yang disiarkan di televisi pemerintah Rusia mengatakan penyelidikan kriminal terhadap Prigozhin masih terbuka.

Presiden Lukashenko juga mengatakan dia yakin bahwa Vladimir Putin tidak akan membunuh pemimpin Wagner yang diasingkan, Yevgeny Prigozhin.

"Jika Anda berpikir bahwa Putin jahat dan pendendam dan dia [Prigozhin] akan dibunuh besok ... tidak, ini tidak akan terjadi," katanya.

Ia pun berencana akan membahas masalah Prigozhin dengan Putin saat keduanya bertemu.

3. Keberadaan Prigozhin di Belarusia Tidak Diketahui


Meski sebelumnya Presiden Belarusia Alexander Lukashenko mengatakan jika pria berusia 62 tahun itu berada di negaranya, hingga saat ini tidak ada satu pun foto atau video yang menunjukkan keberadaan Prigozhin.

Hanya diketahui jika jet pribadi Prigozhin kerap melakukan perjalanan dari St Petersburg ke Belarusia. Ini tentu saja menimbulkan spekulasi terkait keberadaannya

4. Kembali ke Rusiauntuk Menantang Putin?


Sebelum dilaporkan kembali ke Rusia, Yevgeny Prigozhin, merilis sebuah pesan di mana dia membela pemberontakannya yang berumur pendek. Ia juga menyerukan dukungan saat kelompok tersebut terus merekrut pasukan meskipun ada ultimatum Presiden Rusia Vladimir Putin untuk Wagnerites.

“Saya ingin Anda memahami bahwa 'March of Justice' kami ditujukan untuk memerangi pengkhianat dan memobilisasi masyarakat kita. Dan saya pikir kami telah mencapai banyak hal itu,” kata Prigozhin di Telegram.

"Dalam waktu dekat, saya yakin Anda akan melihat kemenangan kami berikutnya di depan," dia menambahkan

Pernyataan itu dikeluarkan saat grup tersebut secara aktif mencari rekrutan. Saluran Telegram Grey Zone yang berafiliasi dengan Wagner, juga memposting iklan perekrutan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0918 seconds (0.1#10.140)