Selain Putin, 7 Pemimpin Negara Ini Berhasil Lolos dari Upaya Kudeta

Senin, 26 Juni 2023 - 19:35 WIB
loading...
A A A

6. Presiden Tanzania Julius Nyerere


Pada tahun 1964, Presiden Tanzania, Julius Nyerere, menghadapi upaya kudeta oleh sekelompok perwira militer yang tidak puas dengan kebijakan sosialis dan nasionalis Nyerere.

Selain Putin, 7 Pemimpin Negara Ini Berhasil Lolos dari Upaya Kudeta


Nyerere mampu mendeteksi rencana kudeta tersebut sebelum terlaksana dan mengambil tindakan tegas dengan menangkap dan mengadili para pelaku.

Melalui kepemimpinan yang kokoh dan dukungan rakyat yang luas, Nyerere berhasil mempertahankan pemerintahannya dan melanjutkan agenda transformasinya.

7. Presiden Republik Afrika Tengah David Dacko


Pada tahun 1966, Presiden Republik Afrika Tengah, David Dacko, menghadapi upaya kudeta yang dilakukan Jean-Bedel Bokassa.

Selain Putin, 7 Pemimpin Negara Ini Berhasil Lolos dari Upaya Kudeta


Dacko berhasil melarikan diri dari Bokassa yang sedang berusaha menangkapnya dan melarikan diri ke Prancis.

Meskipun Bokassa berhasil merebut kekuasaan untuk sementara waktu, Dacko kembali pada tahun 1979 dengan bantuan dari pasukan asing dan menggulingkan Bokassa dalam apa yang dikenal sebagai "Operasi Barracuda".

Para pemimpin negara yang berhasil lolos dari upaya kudeta telah menunjukkan keberanian, kepemimpinan yang tegas, dan dukungan yang kuat dari rakyat atau anggota penting dalam aparat negara.

Melalui strategi yang cerdik, tindakan yang tepat, dan solidaritas dengan pihak yang setia, mereka berhasil mengatasi ancaman terhadap stabilitas politik dan mempertahankan pemerintahan yang sah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1019 seconds (0.1#10.140)