Selain Putin, 7 Pemimpin Negara Ini Berhasil Lolos dari Upaya Kudeta

Senin, 26 Juni 2023 - 19:35 WIB
loading...
Selain Putin, 7 Pemimpin Negara Ini Berhasil Lolos dari Upaya Kudeta
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan. Foto/REUTERS
A A A
ANKARA - Presiden Rusia Vladimir Putin berhasil lolos dari upaya kudeta yang dilancarkan pemimpin perusahaan tentara bayaran Wagner Group Evgeny Prigozhin.

Putin berhasil lolos dari upaya kudeta itu setelah Prigozhin sepakat menghentikan aksinya dengan imbalan diizinkan sembunyi di Belarusia dan dibebaskan dari dakwaan kriminal.

Selain Putin, ternyata ada beberapa pemimpin negara lainnya yang juga lolos dari upaya kudeta untuk menggulingkan pemerintahan mereka.

Berikut ini para pemimpin negara dengan kecerdasan, keberanian, dan dukungan rakyat yang kuat berhasil mengatasi ancaman kudeta dan mempertahankan stabilitas politik.

1. Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan


Pada tanggal 15 Juli 2016, Turki dikejutkan oleh upaya kudeta militer yang bertujuan menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan.

Selain Putin, 7 Pemimpin Negara Ini Berhasil Lolos dari Upaya Kudeta


Melalui penggunaan media sosial, Erdogan memobilisasi massa pendukungnya untuk turun ke jalan dan mempertahankan pemerintahan yang sah.

Dalam insiden yang dramatis, Erdogan berhasil menghindari penangkapan dan meloloskan diri ke tempat yang aman.

Dukungan rakyat dan keberanian yang ditunjukkan Erdogan mengubah arah kudeta, dan pemerintahannya tetap bertahan hingga sekarang.

2. Presiden Venezuela Hugo Chavez


Pada tanggal 11 April 2002, Presiden Venezuela, Hugo Chavez, menghadapi upaya kudeta yang dilakukan kelompok oposisi dan sejumlah elemen militer.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1596 seconds (0.1#10.140)