Penutupan Masjid di China Picu Bentrokan Umat Muslim dengan Pasukan Keamanan

Rabu, 31 Mei 2023 - 04:28 WIB
loading...
A A A
Polisi di Distrik Tonghai, di mana Nagu berada, pada hari Minggu mengeluarkan pernyataan yang menyerukan pengunjuk rasa untuk menyerahkan diri kepada polisi paling lambat 6 Juni. Puluhan pengunjuk rasa telah ditangkap sejauh ini.

"Mereka yang secara sukarela menyerahkan diri dan dengan jujur mengakui fakta pelanggaran dan kejahatan dapat diberikan hukuman yang lebih ringan atau lebih ringan," bunyi pemberitahuan itu seperti dikutip dari BBC, Rabu (31/5/2023).

Menyebut insiden itu sebagai halangan serius terhadap tatanan manajemen sosial, pihak berwenang di China juga mendesak pihak lain untuk secara aktif melaporkan pengunjuk rasa.

Protes di China relatif jarang terjadi, tetapi lebih banyak terjadi sejak pandemi di mana penguncian yang parah dan pembatasan pergerakan memicu kemarahan publik.



Hui adalah salah satu dari 56 kelompok etnis yang diakui oleh Beijing dan sebagian besar adalah Muslim Sunni. Wilayah Yunnan, yang berada di barat daya negara itu, adalah rumah bagi sekitar 700.000 dari sekitar 10 juta Muslim Hui di China.

Mereka sering disebut sebagai Muslim Tionghoa oleh media lokal, dan dianggap terintegrasi dengan baik ke dalam masyarakat Tionghoa setelah berabad-abad melakukan perkawinan dan asimilasi.

Pengamat mengatakan Beijing telah berusaha untuk memiliki kontrol lebih besar atas kelompok agama dalam beberapa tahun terakhir - dan bagaimana mereka beroperasi di masyarakat.

Pada tahun 2021, Presiden Xi Jinping berjanji untuk melanjutkan "Sinicisasi agama" - transformasi keyakinan agama untuk mencerminkan budaya dan masyarakat Tiongkok.

Pada tahun 2018, ratusan Muslim Hui di wilayah Ningxia terlibat perselisihan berkepanjangan dengan pihak berwenang untuk mencegah masjid mereka dihancurkan. Pihak berwenang kemudian mengalah tetapi bersikeras bahwa fitur Arabnya harus diubah.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)