Penutupan Masjid di China Picu Bentrokan Umat Muslim dengan Pasukan Keamanan

Rabu, 31 Mei 2023 - 04:28 WIB
loading...
Penutupan Masjid di China Picu Bentrokan Umat Muslim dengan Pasukan Keamanan
Sejumlah penduduk terlibat bentrok dengan polisi China terkait penutupan masjid di Yunnan. Foto/CNN
A A A
BEIJING - Sejumlah pengunjuk rasa terlibat bentrok dengan polisi terkait rencana penghancuran kubah masjid di kota berpenduduk mayoritas Muslim di Yunnan, China .

Video di media sosial menunjukkan kerumunan orang di luar Masjid Najiaying yang dibangun pada abad ke-13 di kota Nagu pada hari Sabtu lali.

Bentrokan pecah antara polisi dan penduduk setempat, yang dikepung oleh ratusan petugas bersenjata.

Yunnan, provinsi yang beragam etnis di China selatan, memiliki populasi Muslim yang signifikan.

China secara resmi ateis dan pemerintah mengatakan mengizinkan kebebasan beragama. Tetapi para pengamat mengatakan telah terjadi peningkatan tindakan keras terhadap pemeluk agama yang terorganisir dalam beberapa tahun terakhir - dengan Beijing menginginkan kontrol yang lebih besar.

Di Nagu, Masjid Najiaying telah menjadi landmark utama dan dalam beberapa tahun terakhir telah diperluas dengan atap kubah baru, serta sejumlah menara.



Namun, putusan pengadilan tahun 2020 memutuskan penambahan tersebut ilegal, memerintahkan untuk menghilangkannya. Tindakan untuk melaksanakan perintah pengadilan itu tampaknya telah memicu demonstrasi.

Video aksi protes hari Sabtu, diverifikasi oleh BBC, menunjukkan barisan polisi menghalangi masuk ke masjid, dan sekelompok pria mencoba memaksa masuk dengan melemparkan batu ke arah polisi.

Video lain menunjukkan polisi kemudian mundur, saat massa memasuki Masjid Najiaying.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1694 seconds (0.1#10.140)