5 Fakta Ron DeSantis yang Jadi Pesaing Donald Trump

Rabu, 24 Mei 2023 - 10:24 WIB
loading...
5 Fakta Ron DeSantis yang Jadi Pesaing Donald Trump
Ron DeSantis, Gubernur Negara Bagian Amerika Serikat, mencalonkan diri sebagai kandidat calon presiden dari Partai Republik. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Ron DeSantis, Gubernur Florida dari Partai Republik, yang telah membangun rekam jejak nasional dengan merek agresif konservatisme, untuk bersaing untuk pemilihan presiden 2024. Mantan perwira angkatan laut yang berpendidikan Ivy League itu dipuji oleh banyak orang di sayap kanan sebagai bintang rock politik.

Untuk bisa menuju Gedung Putih , dia harus mengalahkan mantan mentor politiknya, Donald Trump, dan beberapa kandidat Partai Republik lainnya. Dia mengumumkan pencalonannya sebagai presiden 2024 dalam penampilan daring bersama CEO Twitter Elon Musk.

Pemilih Republik melakukan pemungutan suara dalam rangkaian pemilihan pendahuluan mulai Februari 2024 untuk menentukan kandidat mana yang akan menghadapi Presiden Joe Biden, politikus Partai Demokrat, pada pemilihan umum presiden November 2024.

Berikut 5 fakta tentang DeSantis yang menjadi kandidat calon presiden dari Partai Republik.



1. Memiliki Karier Politik yang Cemerlang

5 Fakta Ron DeSantis yang Jadi Pesaing Donald Trump

Foto/Reuters

Pada usia 44 tahun, DeSantis masih merupakan pendatang baru dalam politik AS, pertama kali terpilih menjadi anggota Dewan Perwakilan Rakyat pada 2012. Hanya enam tahun kemudian pada 2018, dia terpilih sebagai gubernur.

Karier politiknya dibangun dengan jerih payah. Pada 2012 DeSantis mengikuti pertarungan untuk mendapatkan kursi di Distrik Kongres Keenam Florida, salah satu yang paling konservatif di negara bagian itu.

Selama awal terjun ke politik Florida, DeSantis sebagian besar berkampanye pada platform pemerintahan kecil dan mengurangi pajak. Dia mengutuk apa yang dia anggap sebagai kecenderungan pemerintah untuk campur tangan dalam hampir semua masalah, dari lingkar pinggang anak-anak hingga suhu bumi.

"Misi saya sebagian besar untuk menghentikan Barack Obama," kenangnya dalam pidatonya pada 2022 di sebuah konferensi konservatif di Texas. "Itu pertarungan yang bagus. Pertarungan penting,” terangnya, dilansir BBC.



2. Pernah Jadi Kapten Tim Bisbol

DeSantis memiliki perjalanan kuliah di kampue elite atau dikenal dengan Ivy League. Kampus tersebut umumnya mencetak politikus sukses.

Lahir di Jacksonville, Florida, pada tahun 1978, DeSantis melanjutkan studi sejarah di Universitas Yale - di mana dia menjadi kapten tim bisbol. Setelah, dia melanjutkan kuliah di Harvard Law School.

3. Perwira Angkatan Laut

Selama tahun keduanya di Harvard, dia ditugaskan sebagai perwira di Angkatan Laut AS dan ditugaskan ke dinas hukum, Korps Hakim Advokat Jenderal (JAG). Pengabdiannya sebagai perwira JAG termasuk bekerja dengan para tahanan di Teluk Guantanamo, serta penugasan sebagai penasihat hukum elite Navy Seals yang dikerahkan ke Irak.

DeSantis diberhentikan dengan hormat dari militer pada 2010, meskipun ia terus bertugas di cadangan Angkatan Laut AS. Pada saat itulah dia bertemu dengan istrinya, Casey, seorang reporter berita TV lokal yang membantu mempelopori penggalangan dana setelah Badai Ian pada 2022.

4. Mantan Pendukung Donald Trump

5 Fakta Ron DeSantis yang Jadi Pesaing Donald Trump

Foto/Reuters

Pada 2018, setelah lima tahun di Capitol Hill - di mana DeSantis membantu menemukan "Kaukus Kebebasan" atau kaum konservatif sayap kanan, dia mengumumkan niatnya untuk mencalonkan diri sebagai gubernur. Saat itu, dia mendapatkan dukungan penuh dari Presiden Donald Trump.

Pengaruh Trump atas kampanye DeSantis dengan cepat dan sangat jelas. Dalam salah satu iklan kampanye yang berkesan, DeSantis terlihat menyuruh salah satu anaknya untuk membangun tembok sambil bermain dengan balok, mengajar yang lain membaca dengan tanda "Jadikan Amerika Hebat Lagi", dan membacakan untuk putranya Mason: "Kalau begitu, Tuan Trump berkata 'Anda dipecat!' - Saya suka bagian itu," katanya.

5. Membuat Kebijakan Kontroversial

Di awal masa jabatannya sebagai gubernur, DeSantis mendapatkan pengakuan nasional atas penanganannya terhadap Covid-19 di Florida. Sementara dia memerintahkan penguncian di seluruh negara bagian di awal pandemi, dia segera mulai mencabut pembatasan negara. Pada Juli 2020 - ketika kasus meroket secara nasional - dia memerintahkan agar sekolah dibuka kembali.

Sebagai politiku konservatif, DeSantis juga memperluas hak kepemilikan senjata dan hukuman mati. Dia juga menekan imigrasi ilegal. Dia menandatangani undang-undang yang melarang sebagian besar aborsi setelah enam minggu. Dia bersumpah untuk membela martabat kehidupan manusia dan mengubah Florida menjadi negara pro-keluarga.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1084 seconds (0.1#10.140)