AS Akui Tak Berdaya Hadapi Rudal Hipersonik Rusia dan Drone Iran

Jum'at, 10 Mei 2024 - 19:30 WIB
loading...
AS Akui Tak Berdaya Hadapi Rudal Hipersonik Rusia dan Drone Iran
Rudal pencegat berbasis darat dimasukkan ke dalam silo rudal. Foto/us army
A A A
WASHINGTON - Krisis di Ukraina dan meningkatnya ketegangan di Timur Tengah menunjukkan anggaran pertahanan Amerika Serikat (AS) sebesar USD886 miliar belum mencerminkan kemampuan nyata di lapangan.

Kini, percakapan verbal yang eksplosif di Capitol Hill telah mengungkapkan langit Amerika Utara tidak hanya tidak berdaya melawan rudal Rusia, tetapi bahkan Iran.

Pengarahan yang membosankan dan dirumuskan oleh pejabat senior Pentagon kepada anggota parlemen dari Subkomite Angkatan Bersenjata Senat untuk Pasukan Strategis menjadi tidak efektif pada hari Rabu setelah Ketua subkomite Angus King angkat bicara dan memaksa pejabat Departemen Pertahanan mengungkapkan Amerika Utara tidak berdaya melawan musuh-musuh setelah menghabiskan waktu bertahun-tahun melakukan agitasi di seluruh dunia.

“Sebenarnya kita tidak punya pertahanan terhadap rudal hipersonik, ya atau tidak? Tuan Hill, apakah ada pertahanan pada rudal hipersonik? Anda adalah komandan kapal induk di Greenland Gap. Jika kita memiliki rudal hipersonik yang diluncurkan dari Murmansk dengan kecepatan 6.000 mil per jam, apa yang Anda lakukan?” tanya King pada Wakil Menteri Pertahanan untuk Pertahanan Luar Angkasa dan Rudal AS John Hill.

“Kita mempunyai beberapa sistem yang harus dipertahankan pada tahap akhir tetapi kita membutuhkan lebih banyak, Anda benar, Senator King… bahwa pertahanan hipersonik kita tidak memadai dan kita memang membutuhkan (lebih banyak). SM-6 berada dalam jangkauan (kemampuan) terminal Angkatan Laut, Patriot. Saya akan membiarkan Jenderal Gainey berbicara secara spesifik mengenai hal itu. Itu adalah contoh namun tidak ada argumen, kita perlu fokus pada pertahanan hipersonik,” jawab Hill.



“Jadi mengapa kita membicarakan tahun 2029 dan bahkan memperluasnya? Ini semacam hal tahun depan. Saya tidak mengerti anggaran Anda,” balas King, merujuk pada kurangnya fokus pada kemampuan anti-hipersonik dalam rencana belanja pertahanan AS saat ini.

“Apa yang kami hadapi dalam bidang anggaran tahun ini, adalah tahun yang sulit, terutama dengan batasan Undang-Undang Tanggung Jawab Fiskal yang harus kami tangani. Ada tagihan-tagihan yang harus kami bayar untuk pegawai, gaji, layanan kesehatan, dan biaya inflasi. Ketika Anda sampai pada titik di mana Anda mengambil keputusan di mana Anda benar-benar dapat mengontrol pilihan Anda,” ujar Hill.

“Tapi itu misi Anda, misi Anda adalah pertahanan rudal,” balas King.

“Keputusan anggaran dibuat pada tingkat yang lebih tinggi sehingga Anda harus memilih antara kesiapan atau investasi masa depan Anda,” papar Hill.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0981 seconds (0.1#10.140)