Filipina Kirim Kapal Perang ke Pulau Buatan China di Laut China Selatan

Sabtu, 11 Mei 2024 - 21:50 WIB
loading...
Filipina Kirim Kapal Perang ke Pulau Buatan China di Laut China Selatan
Filipina siap berperang melawan China. Foto/Reuters
A A A
MANILA - Filipina mengatakan pada Sabtu (11/5/2024) bahwa mereka telah mengerahkan kapal ke wilayah sengketa di Laut Cina Selatan, di mana Filipina menuduh China membangun “pulau buatan” dalam perselisihan maritim yang semakin meningkat.

"Penjaga pantai mengirim sebuah kapal untuk memantau aktivitas ilegal China, menciptakan 'pulau buatan'", kata kantor Presiden Ferdinand Marcos Jr, dilansir Reuters. Dia menambahkan dua kapal lainnya sedang ditempatkan secara bergilir di wilayah tersebut.

Juru bicara Penjaga Pantai Filipina Komodor Jay Tarriela mengatakan di sebuah forum bahwa telah terjadi “reklamasi skala kecil” di Sabina Shoal, yang disebut Manila sebagai Escoda, dan bahwa Tiongkok adalah “pihak yang paling mungkin melakukan reklamasi”.

Kedutaan Besar China di Manila tidak segera menanggapi permintaan komentar atas pernyataan Filipina, yang dapat memperdalam keretakan bilateral.

Penasihat keamanan nasional Filipina pada hari Jumat menyerukan pengusiran diplomat Tiongkok atas dugaan kebocoran percakapan telepon dengan seorang laksamana Filipina mengenai sengketa maritim.

Beijing dan Manila telah terlibat perselisihan sengit selama setahun terkait klaim mereka di Laut Cina Selatan, tempat perdagangan senilai USD3 triliun terjadi setiap tahunnya.

China mengklaim hampir seluruh jalur perairan penting tersebut, termasuk sebagian yang diklaim oleh Filipina, Brunei, Malaysia, Taiwan, dan Vietnam. Pengadilan Arbitrase Permanen memutuskan pada tahun 2016 bahwa klaim Beijing tidak memiliki dasar berdasarkan hukum internasional.



China telah melakukan reklamasi lahan secara besar-besaran di beberapa pulau di Laut China Selatan, membangun angkatan udara dan fasilitas militer lainnya, sehingga menimbulkan kekhawatiran di Washington dan kawasan sekitarnya.

Sebuah kapal Filipina telah berlabuh di Sabina Shoal untuk "menangkap dan mendokumentasikan pembuangan karang yang hancur di atas gundukan pasir", kata Tarriela, mengutip kehadiran puluhan kapal Tiongkok yang "mengkhawatirkan", termasuk kapal penelitian dan angkatan laut.

Tarriela mengatakan kehadiran kapal China di atol yang berjarak 124 mil dari provinsi Palawan, Filipina, bertepatan dengan ditemukannya tumpukan karang mati dan hancur oleh penjaga pantai.

Penjaga pantai akan membawa ilmuwan kelautan ke daerah tersebut untuk menentukan apakah tumpukan karang tersebut merupakan kejadian alami atau disebabkan oleh campur tangan manusia.

Tarriela menambahkan pihaknya bermaksud untuk memiliki “kehadiran jangka panjang” di Sabina Shoal, sebuah titik pertemuan bagi kapal-kapal Filipina yang melakukan misi pasokan untuk pasukan Filipina yang ditempatkan di kapal perang yang mendarat di Second Thomas Shoal, tempat Manila dan China sering terlibat perselisihan maritim.
(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1614 seconds (0.1#10.140)
pixels