Pertama Kali, Pemindaian 3D Ungkap Bagian Titanic yang Tidak Pernah Terlihat

Kamis, 18 Mei 2023 - 01:52 WIB
loading...
A A A
Parks Stephenson, yang telah mempelajari Titanic selama bertahun-tahun, mengatakan dia "terpesona" saat pertama kali melihat pindaiannya.

"Ini memungkinkan Anda untuk melihat bangkai kapal karena Anda tidak pernah dapat melihatnya dari kapal selam, dan Anda dapat melihat bangkai kapal secara keseluruhan, Anda dapat melihatnya dalam konteks dan perspektif. Dan apa yang ditunjukkannya kepada Anda sekarang adalah keadaan sebenarnya dari bangkai kapal itu," tuturnya.

Dia mengatakan bahwa mempelajari pindaian dapat memberikan wawasan baru tentang apa yang terjadi pada Titanic pada malam tragis di tahun 1912 itu.

"Kami benar-benar tidak memahami karakter tabrakan dengan gunung es. Kami bahkan tidak tahu apakah dia menabraknya di sisi kanan, seperti yang ditunjukkan di semua film - dia mungkin mendarat di gunung es," jelasnya.

Mempelajari bagian buritan, tambahnya, bisa mengungkap mekanisme bagaimana kapal itu menghantam dasar laut.

Laut mengambil korban di bangkai kapal, mikroba menggerogotinya dan bagian-bagiannya hancur. Sejarawan sangat menyadari bahwa waktu hampir habis untuk memahami sepenuhnya bencana maritim ini.

Tapi pemindaian sekarang membekukan bangkai kapal tepat waktu, dan akan memungkinkan para ahli untuk meneliti setiap detail kecil. Harapannya adalah Titanic mungkin belum mengungkapkan rahasianya.
(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)