6 Dampak Buruk Debt Ceiling bagi Rakyat Amerika Serikat

Rabu, 17 Mei 2023 - 12:47 WIB
loading...
A A A
Ketegangan mengenai debt ceiling itu menjelang pemilu presiden pada 2024. Para anggota parlemen berusaha menarik simpati dan dukungan dari masyarakat. Isu tersebut juga menjadi manuver para politikus.

Debt ceiling juga menjadi pesan tentang dampak politik polarisasi yang sangat masif di AS. Demokrat menuding Partai Republik sedang menyandera ekonomi dengan mengajukan pemotongan dana pada kebijakan yang rentan. Sedangkan Republik menegaskan bahwa meningkatkan batas utang tanpa pemotongan belanja adalah hal yang tak bertanggungjawab.

6. Memicu Resesi yang Lebih Parah

Jika Kongres tidak menyelesaikan isu fiskal yang memicu lembaga penilai kredit menilai rendah utang AS, maka itu akan berdampak panjang terhadap ekonomi dan dolar.

Dolar AS sedang ditekan dikarenakan bank sentral The Fed menaikkan suku bunga dan pengaruh geopolitik akibat perang di Ukraina.

Warga asing yang menjadi pemegang sebagian utang AS akan memilih menjual obligasi di pasar.

Jika tidak ada kesepakatan, maka AS bisa mengalami resesi pada tahun ini. Suku bunga yang tinggi akan menyebabkan daya beli masyarakat menurun karena biaya hidup juga meningkat.
(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1323 seconds (0.1#10.140)