AS Tawarkan Hadiah Rp72 M untuk Tangkap Hakim Agung Venezuela

Rabu, 22 Juli 2020 - 21:39 WIB
loading...
AS Tawarkan Hadiah Rp72 M untuk Tangkap Hakim Agung Venezuela
AS tawarkan hadiah Rp72 miliar untuk Hakim Agung Venezuela, Maikel Moreno. Foto/BBC
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) menawarkan hadiah sebesar USD5 juta atau sekitar Rp72 miliar untuk informasi yang berujung pada penangkapan Hakim Agung Venezuela , Maikel Moreno. AS menuduh Moreno turut berpartisipasi dalam kejahatan transnasional terorganisir, yang ia bantah.

Moreno adalah pejabat senior terbaru dalam pemerintahan Presiden Nicolas Maduro yang masuk dalam daftar hadiah jutaan dolar. AS tidak mengakui pemerintah Maduro sebagai yang sah.(Baca: Akui Guaido Presiden Venezuela, Bank Inggris Tolak Maduro Tarik Emas Rp14,3 T )

Departemen Luar Negeri AS menuduh bahwa Moreno telah menerima suap sebagai imbalan karena mengatakan kepada hakim untuk membebaskan terdakwa atau menolak semua kasus. Awal tahun ini, ia didakwa melakukan pencucian uang oleh pengadilan di Florida.

Program Imbalan Kejahatan Terorganisir Transnasional AS menawarkan hadiah $ 5 juta untuk informasi yang mengarah pada penangkapan atau hukumannya karena diduga "berpartisipasi dalam kejahatan transnasional terorganisir".(Baca: Venezuela Ancam Berikan 'Respon yang Layak' kepada Angkatan Laut AS )

Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo mengatakan pemerintah AS mengirim pesan yang jelas kepada rezim Maduro.

Menanggapi hal itu, Moreno menolak dengan keras tuduhan tersebut.

"Bukan pertama kalinya corong kekaisaran Amerika Utara berusaha menyerang saya dengan serangan canggung mereka, penuh manipulasi dan kebohongan," kata Moreno.

"Tuduhan pengecut dan tidak berdasar seperti ini hanya memperkuat keinginan saya untuk terus bekerja dari Mahkamah Agung untuk menjamin akses ke keadilan dan proses hukum kepada semua warga negara," imbuhnya seperti dikutip dari BBC, Rabu (22/7/2020).

Hakim berusia 54 tahun itu telah memimpin Mahkamah Agung Venezuela sejak Februari 2017.

Mahkamah Agung telah memainkan peran penting dalam membatalkan atau membatalkan undang-undang yang disahkan oleh Majelis Nasional, satu-satunya lembaga yang tidak dikendalikan oleh pemerintah Maduro.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1360 seconds (0.1#10.140)