Ibu Kota Sudan Diguncang Serangan Udara dan Tembakan Artileri

Rabu, 17 Mei 2023 - 01:48 WIB
loading...
Ibu Kota Sudan Diguncang Serangan Udara dan Tembakan Artileri
Ibu Kota Sudan diguncang serangan udara dan tembakan artileri ketika pertempuran faksi-faksi yang bertikai meningkat tajam. Foto/Daily Sabah
A A A
KHARTOUM - Serangan udara dan tembakan artileri mengguncang sebagian besar Ibu Kota Sudan , Khartoum, dan kota-kota tetangganya pada Selasa (16/5/2023) ketika pertempuran antara faksi-faksi yang bertikai di negara itu meningkat tajam.

Pertempuran baru antara tentara Sudan dan Pasukan Pendukung Cepat (RSF) berkobar sejak fajar di Khartoum utara dan selatan, serta di kota Omdurman dan Bahri yang berdekatan, saat tentara berusaha mempertahankan pangkalannya dari saingan paramiliternya.

Pengamat mengatakan tentara Sudan telah berusaha memutus jalur pasokan RSF dari luar ibu kota, serta mengamankan tempat-tempat strategis termasuk bandara di pusat Khartoum dan kilang minyak al-Jaili di Bahri seperti dikutip dari The Guardian, Rabu (17/5/2023).

RSF mengklaim telah menangkap 700 tentara reguler dalam serangan di pangkalan militer di distrik al-Jaili, selain tempat pembuangan amunisi yang besar. Kepala petugas media RSF membagikan video di grup WhatsApp jurnalis yang menunjukkan ratusan tentara tawanan berjalan dalam satu barisan, beberapa bertelanjang kaki dan tidak ada yang membawa senjata.

Tidak ada tanggapan segera dari tentara dan klip tersebut belum diverifikasi. Kedua belah pihak sering membuat klaim yang berlebihan atau menyesatkan selama lebih dari empat minggu pertempuran.

Saksi mata di berbagai bagian Omdurman, yang terletak di tepi barat Sungai Nil, melihat pasukan RSF mundur selama 48 jam terakhir, tampaknya untuk melancarkan serangan baru di Khartoum ke arah tenggara.

Seorang penduduk lingkungan al-Khojalab di Bahri mengatakan kepada The Guardian bahwa dia telah melihat pasukan RSF di puluhan truk pikap.

“Sekarang ada suara artileri yang sangat keras dan segala jenis senjata… kami tidak (tahu) apa yang terjadi,” kata penduduk tersebut.



Lingkungan itu berada di tepi seberang Sungai Nil ke lapangan terbang Wadi Seidna, tempat tentara melancarkan serangan udara terhadap RSF.

"Pertempuran sengit juga terjadi di lingkungan Jabra di Khartoum, tempat Dagalo dan banyak komandan seniornya bermarkas. Setidaknya dua warga sipil tewas di sebuah rumah sakit di tepi timur Sungai Nil Biru di Khartoum akibat serangan udara yang dilakukan oleh tentara Sudan," menurut Dr Houida el-Hassan, mantan dokter di rumah sakit tersebut.

Tentara mengatakan telah menyerang fasilitas penyimpanan pasokan RSF dan mengklaim rumah sakit tersebut digunakan oleh RSF sebagai tempat pembuangan pasokan. Enam warga sipil tewas 10 hari lalu dalam serangan udara serupa di depan rumah sakit.

RSF dituduh menduduki beberapa rumah sakit setelah mengusir pasien dan staf medis. Sekitar 80% rumah sakit di Khartoum tidak berfungsi dan sebagian besar apotek tutup. Serikat farmasi mengeluarkan pernyataan yang menuduh RSF memblokir pengiriman obat ke daerah di luar Khartoum.

RSF juga dituduh menyita rumah-rumah penduduk untuk digunakan sebagai benteng sementara dimana tentaranya mengincar militer. Laporan luas tentang serangan seksual oleh pejuang telah muncul dalam beberapa hari terakhir.

“Situasinya tak tertahankan. Kami meninggalkan rumah kami untuk pergi ke rumah tetangga di Khartoum, melarikan diri dari perang, tetapi pengeboman mengikuti kami ke mana pun kami pergi,” kata Ayman Hassan, seorang warga berusia 32 tahun, kepada Reuters.

"Kami tidak tahu apa yang dilakukan warga sehingga pantas berperang di tengah rumah," imbuhnya.

Sebagian besar Khartoum telah hancur dalam pertempuran, dengan makanan dan bahan bakar yang semakin menakutkan dan mahal. Pesawat hangus tergeletak di aspal bandara internasional yang dulu sibuk; kedutaan asing ditutup, dan rumah sakit, bank, toko, dan lumbung gandum dijarah oleh para penjarah.



Satu pasar besar di Omdurman telah terbakar selama dua hari setelah dikosongkan dan kemudian dibakar oleh pencuri.

Apa yang tersisa dari pemerintah telah mundur ke Port Sudan, sekitar 840km jauhnya, yang telah menjadi pusat evakuasi massal orang asing dan banyak warga Sudan baru-baru ini.

PBB mengatakan hampir 200.000 orang telah melarikan diri dari Sudan, dan 700.000 lainnya telah mengungsi secara internal akibat konflik tersebut. Pertempuran tersebut telah memicu kerusuhan di daerah lain di Sudan, terutama di wilayah barat Darfur dan wilayah Kordofan selatan.

Pembicaraan di Jeddah yang ditengahi oleh Arab Saudi dan AS telah menghasilkan pernyataan prinsip tentang penyediaan akses pasokan bantuan dan perlindungan warga sipil, namun mekanisme untuk membangun koridor kemanusiaan dan menyetujui gencatan senjata masih didiskusikan.

Namun pembicaraan itu telah gagal membendung kekerasan, yang sejauh ini telah menewaskan antara 600 dan 1.000 orang, menurut pejabat pemerintah dan petugas medis.

Jumlah korban sebenarnya diperkirakan jauh lebih tinggi, dengan banyak laporan tentang mayat yang ditinggalkan di jalanan dan orang-orang berjuang untuk menguburkan yang mati.

Pertempuran antara pasukan yang setia kepada penguasa militer de facto Sudan, Abdel Fattah al-Burhan, dan mantan wakilnya Mohamed Hamdan Dagalo, yang memimpin RSF, dimulai pada 15 April.

Keduanya percaya bahwa mereka dapat memenangkan kemenangan militer yang akan memberi mereka otoritas mutlak atas 46 juta penduduk Sudan, negara bagiannya yang hancur, dan sumber daya alam yang berharga.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1215 seconds (0.1#10.140)