Arab Saudi Akhiri Evakuasi Warga Sipil dari Sudan

Sabtu, 13 Mei 2023 - 07:56 WIB
loading...
Arab Saudi Akhiri Evakuasi Warga Sipil dari Sudan
Arab Saudi Akhiri Evakuasi Warga Sipil dari Sudan. FOTO/SPA
A A A
RIYADH - Arab Saudi telah menyelesaikan semua evakuasi kemanusiaan warga negaranya dan warga negara dari negara lain dari Sudan . Evakuasi dilakukan ketika Sudan terjebak dalam perang saudara yang melibatkan militer di negara itu.

Seperti dilaporkan Saudi Press Agency, Jumat (12/5/2023) pagi, evakuasi yang dilaksanakan oleh Angkatan Laut dan Angkatan Udara Kerajaan Saudi berhasil mengevakuasi 8.455 orang. Dari jumlah itu, 404 di antaranya adalah warga negara Saudi dan 8.051 orang dari 110 negara.



Kerajaan Arab Saudi juga membantu negara lain dalam mengevakuasi 11.184 warganya ke wilayah Kerajaan dan kemudian ke negara mereka. Ini memberi mereka perawatan penuh dan tindak lanjut selama tahapan operasi.

Kementerian Luar Negeri Saudi berterima kasih kepada Sudan atas kerja sama mereka dalam memfasilitasi evakuasi.

“Berterima kasih kepada semua negara yang menindaklanjuti urusan warga negara mereka yang dievakuasi dari Sudan, dan bekerja sama dalam menyelesaikan prosedur tentang kepulangan mereka ke negara mereka,” sebut pernyataan Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.



Evakuasi dilakukan di bawah arahan dan tindak lanjut dari Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman dan sebagai tanggapan atas permintaan yang diterima Kerajaan dari banyak negara.

Selain Arab Saudi, sejumlah negara juga melakukan evakuasi warga mereka dari Sudah, ketika pecah pertempuran yang melibatkan dua kubu militer di negara itu. Negara-negara yang melakukan evakuasi langsung warga mereka diantaranya Jepang, Prancis, dan Jerman.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1116 seconds (0.1#10.140)