Berikut Perjalanan Politik Raja Charles III, Putra Mahkota Inggris Terlama

Rabu, 10 Mei 2023 - 13:56 WIB
loading...
A A A
Julukan itu melekat pada Charles karena dia memiliki reputasi yang baik dalam isu lingkungan. Dia juga dikenal sebagai anggota keluarga kerajaan yang suka berkebun dan bertani. Bahkan, dia pernah memulai peternakan organik di salah satu ladangnya yakni Highgrove Gardens. Pada 2007, dia mendirikan Prince's Rainforest Project untuk meningkatkan kesadaran tentang penggundulan hutan.

"Charles telah memainkan peran penting dalam beberapa dekade lalu tentang isu global, terutama perubahan iklim dan keragaman hayati," kata Tim Wainwright, CEO WaterAid, lembaga amal milik Charles. Bahkan, politikus Amerika serikat Al Gore mengucapkan terima kasih kepada Charles kepemimpinan dan komitmennya terhadap perlindungan lingkungan.

4. Kerap Mewakili Ibunya

Berikut Perjalanan Politik Raja Charles III, Putra Mahkota Inggris Terlama

Foto/Reuters

Saat menjadi putra mahkota, Charles menjalankan tanggung jawab untuk mewakili ibunya, Ratu Elizabeth II, ketika diundang dalam berbagai forum di luar negeri. Pada 2013, dia pernah mewakili ibunya untuk pertama kali pada pertemuan Commonwealth Heads of Government. Pada 2002, dia juga mewakili ibunya untuk menyampaikan Pidato Pembukaan Parlemen karena Ratu Elizabeth sedang sakit.

5. Naik Takhta karena Ibunya Meninggal

Charles naik takhta setelah ibunya, Ratu Elizabeth II meninggal pada 8 September 2022. Dia berpidato kepada publik pertama kali menjadi raja sehari setelahnya. Saat itu, dia juga mengumumkan bahwa William sebagai putra mahkota dan bergelar Prince of Wales.

6. Penobatan Raja Charles III Paling Sederhana

Berikut Perjalanan Politik Raja Charles III, Putra Mahkota Inggris Terlama

Foto/Reuters

Upacara penobatan Charles menjadi raja Inggris berlangsung pada 6 Mei 2023. Penobatan Charles juga lebih bersifat multikultural dan berusaha tidak memunculkan kesan kemewahan. Penobatan tersebut dianggap sebagai upacara yang singkat dan tidak memakan banyak biaya. The Sun memprediksi, biaya penobatan Charles diperkirakan mencapai USD125 juta atau Rp1,8 triliun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0606 seconds (0.1#10.140)