Bankir Ukraina Tawarkan Rp7,9 M untuk Operator Drone yang Serang Parade Hari Kemenangan Rusia

Rabu, 10 Mei 2023 - 01:01 WIB
loading...
Bankir Ukraina Tawarkan Rp7,9 M untuk Operator Drone yang Serang Parade Hari Kemenangan Rusia
Seorang bankir Ukraina tawarkan hadiah lebih dari Rp7,9 miliar untuk siapa saja yang drone-nya dapat menyerang parade Hari Kemenangan di Rusia. Foto/Sergei Bobylev/TASS
A A A
KIEV - Seorang bankir Ukraina telah menawarkan hadiah uang sebesar USD540.000 (lebih dari Rp7,9 miliar) bagi siapa saja yang drone-nya dapat menyerang parade Hari Kemenangan di Rusia , Selasa (9/5/2023).

Parade Hari Kemenangan (Victory Day) berlangsung di Lapangan Merah (Red Square) Moskow dengan pengamanan yang ditingkatkan. Parade setiap tahun ini untuk memperingati kemenangan perang Soviet atas Nazi Jerman.

Lokasi parade berada di dekat gedung Istana Kremlin yang diserang pesawat tak berawak Rabu pekan lalu—yang oleh Rusia disebut sebagai upaya Ukraina untuk membunuh Presiden Vladimir Putin. Kiev telah membantah tuduhan tersebut.

Sebagai tindakan pencegahan, Moskow telah melarang penggunaan drone di wilayah Rusia.



Kendati demikian, seorang bankir dan pengembang drone Ukraina; Volodymyr Yatsenko, telah menyerukan serangan besar-besaran terhadap Moskow dengan menggunakan segerombolan drone.

Pada awal April, Yatsenko yang merupakan salah satu pendiri Monobank dan pengembang droneDovbush, mengumumkan sayembara berhadiah yang diselenggarakan sendiri untuk para produsen UAV Ukraina.

Saat mengumumkan kompetisi di Facebook, dia mengatakan bahwa tim yang drone-nya dapat mendarat di Lapangan Merah di Moskow pada 9 Mei akan menerima USD540.000 darinya.

Dia mendirikan bank amal di Monobank untuk tujuan ini, di mana dia menempatkan seluruh hadiah yang diumumkan dan mengizinkan siapa saja yang ingin menyumbang. Selama periode ini, tambahan USD200.000 dilaporkan berhasil dikumpulkan.

Menurut Forces, blog berita militer Ukraina, Yatsenko adalah pencipta drone Dovbush, yang juga akan mencoba menerbangkannya ke Ibu Kota Rusia. Agar dikenali ketika drone tiba di Moskow, Yatsenko menyarankan para pengembang drone yang berpartisipasi untuk menulis slogan Ukraina, seperti "Slava Ukraini", di sayap mesin drone.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1496 seconds (0.1#10.140)