Perbandingan Militer Rusia dan Iran, Dua Negara yang Tengah Bersekutu

Selasa, 09 Mei 2023 - 15:01 WIB
loading...
Perbandingan Militer Rusia dan Iran, Dua Negara yang Tengah Bersekutu
Tentara Rusia berbaris selama parade pada Hari Kemenangan, yang menandai peringatan 77 tahun kemenangan atas Nazi Jerman dalam Perang Dunia Kedua, di Lapangan Merah di Moskow tengah, Rusia, 9 Mei 2022. Foto/REUTERS/Evgenia Novozhenina
A A A
MOSKOW - Perbandingan militer Rusia dan Iran menarik untuk diketahui mengingat kedua negara ini tengah bersekutu dalam membangun kekuatan.

Kerja sama antara dua negara ini telah dimulai sejak penjualan drone dari Iran ke Rusia untuk digunakan dalam invasi ke Ukraina, disusul dengan rudal, amunisi tank, hingga pasukan.

Timbal baliknya, Rusia dikatakan siap untuk memasok pertahanan siber untuk Iran, mulai dari jet tempur, helikopter, hingga rudal jarak jauh.

Aliansi antara kedua negara ini dipandang sebagai sebuah ancaman besar bagi Amerika Serikat berdasarkan informasi dari Wall Street Journal.

Perbandingan Militer Rusia dan Iran


Untuk lebih mengetahui seberapa besar kekuatan militer dari kedua negara, berikut ini perbandingan militer Rusia dan Iran yang dilansir dari Global Fire Power pada April 2023.

1. Peringkat dan Jumlah Tentara


Dari segi peringkat, Rusia berada di posisi ke dua, tepat di bawah AS yang menduduki peringkat pertama. Sementara Iran bercongkol di urutan ke 17 dunia.

Untuk populasinya sendiri, Rusia yang punya luas wilayah lebih besar juga memiliki jumlah populasi yang lebih banyak yakni mencapai lebih dari 142 juta jiwa, sedangkan Iran hanya punya sekitar 86 juta jiwa.

Membuat Rusia memiliki pasukan perang yang jauh lebih banyak. Moskow tercatat memiliki total pasukan 46.583.210 personil sedangkan untuk Iran hanya punya 40.776.403 personil.

Berdasar pengeluaran dana untuk kekuatan militer sendiri Rusia memiliki total budget yang jauh lebih besar dengan USD82,6 miliar, ketimbang Iran yang hanya USD5,5 miliar saja.

2. Kekuatan Angkatan Udara


Dengan dana dan jumlah tentara yang berlimpah membuat Rusia memiliki armada tempur besar. Dari pesawat tempurnya saja, Negeri Tirai Besi punya 773 unit. Jumlah tersebut jauh lebih besar dari Iran yang hanya punya 196 unit saja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1045 seconds (0.1#10.140)