5 Suku Terbanyak di Ukraina, Yahudi Paling Kontroversial

Senin, 08 Mei 2023 - 15:57 WIB
loading...
5 Suku Terbanyak di Ukraina, Yahudi Paling Kontroversial
Warga suku Ukraina berjalan melintasi perbatasan Ukraina dan Polandia setelah invasi militer Rusia. FOTO/Reuters
A A A
KIEV - Ukraina menjadi negara yang menjadi sorotan dunia internasional semenjak invasi Rusia ke negara tersebut. Ukraina sendiri memiliki suku asli yang bernama Ukraina.

Selain suku Ukraina, terdapat juga berbagai suku lainnya, seperti Rusia hingga Yahudi. Etnik Rusia masih mempertahankan bahasa Rusia dalam aktivitasnya. Keberagaman etnik di Ukraina itu dilindungi konstitusi.

Namun, latar belakang etnik tersebut kerap asosiasi dengan aksi saling dukung mendukung dalam perang Ukraina-Rusia. Misalnya, warga etnik Rusia di Ukraina dituding pengkhianat berpihak kepada militer Rusia. Hingga adanya pandangan bahwa perang di Ukraina merupakan perang etnik.



Ukraina

Etnik Ukraina merupakan kelompok slavik timur yang merupakan penduduk asli di negara tersebut. Mereka memiliki bahasa asli yakni Ukraina. Mereka menjadi etnik mayoritas di Ukraina dengan komposisi sekitar 77,8% dari total populasi warga. Etnik Ukraina kerap diasosiasikan dengan identitas negara Ukraina.

Berdirinya negara Ukraina juga berkembang dari mayoritas warga Ukraina yang menguasai wilayah tersebut. Hingga kini, etnik Ukraina tersebut menguasai perpolitikan dan militer di negara tersebut. "Setelah Ukraina menjadi negara merdeka setelah kehancuran Uni Soviet, identitas negara itu tidak bisa dilepaskan dari etnik mayoritas yakni Ukraina yang telah mengakar sejak lama," ungkap Daniele Scalea, peneliti sejarah Ukraina.

Rusia

5 Suku Terbanyak di Ukraina, Yahudi Paling Kontroversial

Foto/TASS

Etnik Rusia umumnya tinggal di Crimea mencapai 58,8%, kawasan yang sudah dikuasai Moskow sejak Maret 2014. Etnik Rusia mulai masuk ke Ukraina sejak Kekaisaran Rusia mulai menjajah Ukraina sejak akhir abad 18. Kemudian, penemuan tambang batu bara di kawasan Donets Basin menyebabkan masuknya etnik Rusia. Populasi etnik Rusia hanya 17,2% dari total populasi di Ukraina. Selain itu, etnik Rusia juga menjadi mayoritas di Donetsk (48,2%) dan Makiivka (50,8%). Mereka umumnya menggunakan bahasa Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1039 seconds (0.1#10.140)