5 Fakta Pembantaian Suku Indian Besar-besaran di Amerika Serikat

Senin, 08 Mei 2023 - 15:08 WIB
loading...
5 Fakta Pembantaian Suku Indian Besar-besaran di Amerika Serikat
Suku Indian, penduduk asli tanah Amerika Serikat, jadi korban pembantaian besar-besaran oleh pendatang Eropa di awal-awal berdirinya negara Amerika Serikat. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Menurut catatan sejarah, penduduk asli Amerika Serikat (AS) adalah suku Indian. Mereka dibantai secara sistematis oleh pendatang Eropa yang kemudian menguasai wilayah tersebut.

Sejak pendiriannya, AS secara sistematis merampas hak hidup dan hak politik, ekonomi, dan budaya suku Indian melalui pembantaian, pemindahan, dan asimilasi paksa.

Itu semua dalam upaya untuk memberantas penduduk asli secara fisik dan budaya. Bahkan saat ini, orang-orang Indian masih menghadapi krisis eksistensial yang serius.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan menurut hukum internasional dan hukum domestiknya, apa yang dilakukan AS terhadap orang Indian mencakup semua tindakan yang menentukan genosida dan tidak dapat disangkal merupakan genosida.

Majalah Amerika, Foreign Policy, berkomentar bahwa kejahatan terhadap penduduk asli Amerika sepenuhnya konsisten dengan definisi genosida di bawah hukum internasional saat ini.



Dosa besar genosida adalah noda sejarah yang tidak pernah bisa dibersihkan oleh AS, dan tragedi menyakitkan orang Indian adalah pelajaran sejarah yang tidak boleh dilupakan.

5 Fakta Pembantaian Suku Indian di Amerika Serikat


1. Pembantaian yang Diprakarsai Pemerintah AS


Pada tanggal 4 Juli 1776, AS didirikan orang-orang Eropa dengan Deklarasi Kemerdekaan. Deklarasi itu dengan memfitnah penduduk asli Amerika sebagai “Indian Savage" yang kejam.

Pemerintah dan pemimpin AS memperlakukan penduduk asli Amerika dengan keyakinan pada superioritas dan supremasi kulit putih, bertekad memusnahkan orang Indian dan berusaha membasmi ras melalui "genosida budaya".

Selama Perang Kemerdekaan Amerika (1775-1783), Perang Kemerdekaan Kedua (1812-1815) dan Perang Sipil (1861-1865), para pemimpin AS, ingin mengubah ekonomi perkebunannya sebagai tambahan untuk kolonialisme Eropa dan untuk memperluas wilayah mereka, mendambakan tanah Indian yang luas dan melancarkan ribuan serangan terhadap suku Indian, membantai kepala suku Indian, tentara dan bahkan warga sipil, dan mengambil tanah IndiaN untuk diri mereka sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)