Gilanya Kekayaan Pangeran Saudi: 8 Kalinya Raja Inggris, Miliki 3 Istana Mewah dan Megayacht Rp4,7 T

Kamis, 04 Mei 2023 - 14:31 WIB
loading...
Gilanya Kekayaan Pangeran Saudi: 8 Kalinya Raja Inggris, Miliki 3 Istana Mewah dan Megayacht Rp4,7 T
Pangeran Al-Waleed bin Talal, pangeran Arab Saudi dengan kekayaan yang menggila. Kekayaannya 8 kalinya kekayaan Raja Inggris Charles III. Foto/Luxury Launches
A A A
RIYADH - Pangeran Arab Saudi dengan kekayaan yang menggila ini bernama Al-Waleed bin Talal. Dia adalah cucu raja pertama Saudi, almarhum Raja Abdulaziz al-Saud, pendiri dan chairman Kingdom Holding Company, sebuah perusahaan konglomerat Saudi.

Kekayaan Pangeran Al-Waleed bernilai hampir USD18,7 miliar (lebih dari Rp274 triliun), yang menurut laman Luxury Launches, delapan kalinya kekayaan Raja Inggris Charles III.

Dia mungkin tidak menyeringai dengan mahkota kerajaan di kepalanya, tetapi taipan berusia 68 tahun ini benar-benar memiliki segalanya. Dari tinggal di istana mewah, bepergian dengan jet pribadi yang megah, dan memiliki segala sesuatu yang mewah, lulusan Menlo College di California ini kerap dijuluki sebagai Warren Buffett dari Arab.

Setelah menyelesaikan gelar master dalam ilmu sosial dari Maxwell School of Citizenship and Public Affairs di Syracuse University pada tahun 1985, Pangeran Al-Waleed kembali ke Arab Saudi di tengah ledakan harga minyak.


Awal Mula Pangeran Al-Waleed Kaya Raya


Meskipun keturunan bangsawan, dia memulai bisnis dengan kerja keras. Mulai beroperasi dari sebuah kabin kecil dengan empat kamar di Riyadh dengan uang awal USD30.000 yang diberikan oleh ayahnya, Pangeran Al-Waleed yang berusia 25 tahun saat itu membentuk Kingdom Establishment.

Dia pertama kali merasakan kesuksesan setelah berkolaborasi dengan perusahaan konstruksi Korea Selatan pada tahun 1982 untuk pekerjaan senilai USD8 juta untuk membangun kelab bujangan di akademi militer dekat Riyadh.

“Semua uang yang dulu saya peroleh dari konstruksi ini saya investasikan kembali ke real estate, dan di pasar saham, keduanya," katanya.

Di tahun-tahun selanjutnya, dia berfokus pada merek-merek mapan yang melewati masa-masa sulit, dan pada tahun 1989 kekayaan bersihnya mencapai USD1,4 miliar.

Gilanya Kekayaan Pangeran Saudi: 8 Kalinya Raja Inggris, Miliki 3 Istana Mewah dan Megayacht Rp4,7 T

Foto/Luxury Launches


Investasi yang Bikin Al-Waleed Pria Berharta Rp274 Triliun


Al Waleed selalu menyukai perusahaan dengan pertumbuhan tinggi dan berisiko tinggi, yang menjelaskan investasinya di Canary Wharf, Four Seasons Hotel Group, dan News Corporation pada awal 1990-an.

Semua orang tahu sahamnya di Citibank, Apple, TimeWarner, Motorola, 360buy, AOL, eBay, Euro Disney, dan merupakan pemilik Twitter terbesar kedua (Kingdom Holding menginvestasikan USD3,4 miliar dalam ekuitas global dan kuitansi penyimpanan sejak 2020).

Kurang diketahui bahwa Al-Waleed membeli 10 persen saham di Saks Fifth Avenue seharga USD100 juta dua dekade lalu, yang mengarah ke pembukaan toko utama di Riyadh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)