Stoltenberg Sebut Ukraina Bisa Gabung NATO, Rusia: Pernyataan Berbahaya

Sabtu, 22 April 2023 - 21:18 WIB
loading...
Stoltenberg Sebut Ukraina...
Sekjen NATO Jens Stoltenberg dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/Military Times
A A A
MOSKOW - Kementerian Luar Negeri Rusia mengeluarkan peringatan hari Jumat tentang pernyataan NATO mengenai Ukraina yang dapat bergabung dengan aliansi keamanan tersebut.

Itu terjadi setelah Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengunjungi KIev pada hari Kamis lalu dan mengatakan bahwa masa depan Ukraina ada di NATO.

Dia kemudian mengatakan semua anggota NATO telah setuju Ukraina harus menjadi anggota, tetapi tidak memberikan tanggal pasti kapan hal itu akan terjadi.



Rusia dengan tegas menentang perluasan lebih lanjut dari blok keamanan itu dan menentang pernyataan Stoltenberg.

"NATO menetapkan tujuan untuk 'mengalahkan' Rusia di Ukraina, dan untuk memotivasi Kyiv, NATO berjanji bahwa setelah konflik berakhir, negara tersebut dapat diterima ke dalam aliansi," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova.

“Pernyataan seperti itu picik dan benar-benar berbahaya. Ini dapat menyebabkan keruntuhan akhir sistem keamanan Eropa,” kata Zakharova seperti dikutip dari CNN, Sabtu (22/4/2023).



NATO telah menjadi sekutu utama Ukraina sejak Rusia melancarkan invasi pada Februari 2022, mendistribusikan bantuan militer dan memperkuat pertahanan Kiev dalam menghadapi serangan tanpa henti Moskow.

Stoltenberg mengatakan bahwa sejak Februari lalu, sekutu aliansi telah memberikan dukungan lebih dari 150 miliar euro (Rp2.454 triliun), termasuk bantuan militer senuilai 65 miliar euro (Rp1.063 triliun).

Sementara itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky tidak ada penghalang obyektif untuk keputusan politik dalam mengundang Ukraina ke dalam aliansi NATO, setelah aksesi Finlandia menghidupkan kembali seruan dari Kiev untukbergabung.

(ian)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1961 seconds (0.1#10.140)