AS Bakal Pasok Ukraina dengan Sistem Rudal Patriot Baru, Bagian dari Bantuan Rp119,6 Triliun

Jum'at, 27 September 2024 - 11:16 WIB
loading...
AS Bakal Pasok Ukraina...
AS akan memasok Ukraina dengan sistem rudal Patriot tambahan, bagian dari paket bantuan terbaru senilai lebih dari Rp119,6 triliun. Foto/US Army
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) akan memberi Ukraina sistem pertahanan rudal Patriot tambahan sebagai bagian dari paket bantuan terbaru senilai USD7,9 miliar (lebih dari Rp119,6 triliun).

Presiden AS Joe Biden mengumumkan dalam sebuah pernyataan pada Kamis bahwa Ukraina juga akan mendapatkan misil Patriot tambahan, peralatan pertahanan udara dan pencegat lainnya, drone, rudal jarak jauh, dan amunisi udara-ke-darat.

Biden mengatakan dukungan militer tersebut merupakan bagian dari paket untuk membantu Ukraina mempertahankan kota-kotanya dan rakyatnya.

AS pertama kali setuju pada Oktober 2022 untuk mengirim sistem pertahanan rudal Patriot ke Kyiv, senjata pertahanan yang dapat menargetkan pesawat, rudal jelajah, dan rudal balistik jarak pendek musuh.



"Saya telah mengarahkan Departemen Pertahanan untuk mengalokasikan semua dana bantuan keamanan yang tersisa yang telah dialokasikan untuk Ukraina pada akhir masa jabatan saya," kata Biden dalam pernyataan tersebut, seperti dikutip dari Newsweek, Jumat (27/9/2024).

Menurut Biden, akan ada perluasan pelatihan untuk pilot F-16 Ukraina, peningkatan bantuan keamanan, serta langkah-langkah untuk melawan penghindaran sanksi dan pencucian uang Rusia dengan bekerja sama dengan sekutu untuk mengganggu jaringan mata uang kripto global.

Bantuan terbaru AS tersebut juga mencakup pengiriman pertama Joint Standoff Weapon, bom luncur berpemandu presisi dengan jangkauan hingga 81 mil yang dapat dijatuhkan dari jet tempur.

Biden menambahkan bahwa dia akan mengadakan pertemuan pemimpin Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina di Jerman bulan depan.

Dalam sebuah unggahan di X, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky berterima kasih kepada pemerintahan Biden. "Karena telah menemukan cara untuk mengalokasikan sisa bantuan keamanan ke Ukraina dan memastikan bahwa kewenangan presiden tidak berakhir pada akhir tahun keuangan AS," tulis Zelensky.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0715 seconds (0.1#10.140)