Pesawat NATO Cegat Rombongan Jet Tempur Rusia

Selasa, 18 April 2023 - 06:33 WIB
loading...
Pesawat NATO Cegat Rombongan Jet Tempur Rusia
Beberapa pesawat tempur NATO mencegat 3 jet tempur dan sebuah pesawat mata-mataa Rusia di atas Laut Baltik. Foto/National Interest/Ilustrasi
A A A
LONDON - Beberapa pesawat tempur NATO dari Inggris dan Jerman mencegat tiga jet tempur dan sebuah pesawat mata-mata Rusia yang terbang di atas Laut Baltik di dekat wilayah aliansi Barat.

Angkatan Udara Kerajaan (RAF) Inggris dan Angkatan Udara Jerman mengerahkan beberapa Eurofighter Typhoon setelah tiga jet tempur Su-27 Flanker dan pesawat mata-mata IL-20 Coot-A Moskow terbang di atas Teluk Finlandia dan Laut Baltik pada hari Senin.

"Eurofighter Typhoon dari Skuadron IX (B) RAF dan Sayap 71 Richtofen Angkatan Udara Jerman dilesatkan untuk mencegat dan mengidentifikasi secara visual beberapa pesawat tak dikenal yang terbang dekat wilayah udara NATO," kata RAF Inggris dalam sebuah pernyataan.

RAF mengatakan pihaknya dan Angkatan Udara Jerman saat ini bekerja sebagai bagian dari Operasi Azotize untuk melindungi sisi timur perbatasan NATO.



Angkatan Udara kedua negara itu mengoperasikan jet tempur Eurofighter Typhoon dari Pangkalan Udara Amari di negara Baltik; Estonia, sebagai kekuatan gabungan.

“Kami sering melihat pesawat militer Rusia terbang di atas Laut Baltik dan ini adalah pencegatan rutin bagi kami. Namun demikian, pentingnya pencegatan pesawat ini dan komitmen kami untuk pertahanan kolektif wilayah udara NATO tetap teguh dan tegas,” kata seorang pilot RAF dalam pernyataan, seperti dikutip Anadolu Agency, Selasa (18/4/2023).

Pada bulan Maret, jet tempur Inggris dan Jerman dua kali mencegat pesawat Rusia di dekat wilayah udara Estonia.

Keamanan di negara-negara Baltik di Latvia, Lituania, dan Estonia, yang semuanya berbatasan dengan Rusia, semakin diawasi sejak Februari 2022, ketika Rusia melancarkan perang terhadap tetangganya; Ukraina.
(mas)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1250 seconds (0.1#10.140)