Stoltenberg: Tempat yang Tepat Bagi Ukraina Adalah di NATO

Jum'at, 21 April 2023 - 00:25 WIB
loading...
Stoltenberg: Tempat yang Tepat Bagi Ukraina Adalah di NATO
Sekjen NATO Jens Stoltenberg dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky. Foto/CNN
A A A
KIEV - Sekretaris Jenderal (Sekjen) NATO Jens Stoltenberg mengatakan tempat yang tepat bagi Ukraina adalah di organisasi yang dipimpinnya. Hal itu diungkapkannya selama kunjungan pertamanya ke negara itu sejak Rusia melancarkan invasi skala penuh pada Februari 2022.

Stoltenberg mengatakan dia telah membahas inisiatif dukungan multi-tahun dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, yang akan membantu transisi Ukraina dari peralatan dan doktrin era Soviet ke standar NATO.

"Ini akan memastikan interoperabilitas penuh dengan aliansi,” tambah Stoltenberg seperti dikutip dari CNN, Jumat (21/4/2023).

NATO telah menjadi sekutu utama Ukraina sejak Rusia melancarkan invasi pada Februari 2022, mendistribusikan bantuan militer dan memperkuat pertahanan Kiev dalam menghadapi serangan tanpa henti Moskow.

Kepala NATO mengatakan bahwa sejak Februari lalu, sekutu aliansi telah memberikan dukungan lebih dari 150 miliar euro (Rp2.454 triliun), termasuk bantuan militer senuilai 65 miliar euro (Rp1.063 triliun).

“Sekutu sekarang mengirimkan lebih banyak jet, tank, dan kendaraan lapis baja,” ucap Stoltenberg.



“NATO mendukung Anda hari ini, besok, dan selama yang diperlukan,” ia menambahkan.

Dalam kesempatannya, Zelensky mengulang seruan Stoltenberg untuk menegaskan kembali hubungan antara Ukraina dan NATO, mengatakan kunjungannya adalah tanda aliansi keamanan itu siap untuk memulai babak baru dengan Kiev.

"Ukraina yang berdiri kokoh dan melihat masa depan pembebasan penuh dan membebaskan tanah kami dari penjajah Rusia," katanya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1675 seconds (0.1#10.140)