Bentrokan Bersenjata Berlanjut di Sudan, Ancam Kesepakatan Gencatan Senjata

Rabu, 19 April 2023 - 01:51 WIB
loading...
A A A
Sebelumnya pada hari itu suara pesawat tempur dan ledakan menggema di seluruh Khartoum. Penduduk di kota tetangga Omdurman dan Bahri melaporkan serangan udara yang mengguncang bangunan dan tembakan antipesawat. Pertempuran juga berkecamuk di bagian barat negara itu, kata PBB.



Dalam sebuah video yang diverifikasi oleh Reuters, pejuang RSF terlihat di dalam bagian markas tentara di Khartoum. Para pejuang tampaknya tidak menguasai lokasi yang luas itu, kata seorang wartawan Reuters di ibu kota.

Konflik antara pemimpin militer Sudan dan wakilnya pecah empat hari lalu, memicu apa yang digambarkan oleh PBB sebagai bencana kemanusiaan, termasuk hampir runtuhnya sistem kesehatan. Setidaknya 185 orang tewas dalam pertempuran di seluruh negeri.

Jenderal Abdel Fattah al-Burhan mengepalai dewan penguasa yang dibentuk setelah kudeta militer tahun 2021 dan penggulingan presiden otokratis veteran Omar Bashir tahun 2019 selama protes massal. Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, yang dikenal sebagai Hemedti, adalah wakil Burhan di dewan penguasa.

Perebutan kekuasaan mereka telah menggagalkan rencana yang didukung secara internasional untuk beralih ke pemerintahan demokratis sipil setelah puluhan tahun otokrasi dan kontrol militer di Sudan, yang berada di persimpangan strategis antara Mesir, Arab Saudi, Ethiopia, dan wilayah Sahel Afrika yang bergejolak.

Kecuali dikendalikan, kekerasan juga berisiko menarik aktor dari lingkungan Sudan yang telah mendukung faksi yang berbeda, dan dapat memperebutkan pengaruh regional antara Rusia dan Amerika Serikat.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1434 seconds (0.1#10.140)