Bentrokan Bersenjata Berlanjut di Sudan, Ancam Kesepakatan Gencatan Senjata

Rabu, 19 April 2023 - 01:51 WIB
loading...
Bentrokan Bersenjata Berlanjut di Sudan, Ancam Kesepakatan Gencatan Senjata
Bentrokan bersenjata berlanjut di Sudan, ancam kesepakatan gencatan senjata. Foto/BBC
A A A
KHARTOUM - Kesepakatan gencatan senjata selama 24 jam yang disepakati dua faksi yang bertikai di Sudan terancam karena bentrokan terus berlanjut di Ibu Kota Khartoum.

Dikutip dari Al Arabiya, Rabu (19/4/2023), suara tembakan senjata berat menjadi latar belakang siaran langsung saluran berita televisi Arab. Penduduk mengatakan kepada Reuters bahwa baku tembak belum berhenti, dengan satu mengatakan mereka telah mendengar serangan udara dilakukan di Omdurman, sister city Khartoum di seberang tepi sungai Nil.

Pertempuran tampaknya mereda mendekati tenggat waktu gencatan senjata, yang bertepatan dengan waku berbuka puasa selama bulan suci Ramadhan, tetapi tembakan senjata berat bergema di sekitar wilayah ibu kota setelah pukul 6 sore.

Seorang reporter Reuters di Khartoum mengatakan dia mendengar tank menembak setelah gencatan senjata akan dimulai.

Sumber penembakan tidak jelas, meskipun RSF menuduh militer melanggar gencatan senjata dalam waktu 15 menit sejak diberlakukan.



Tentara Sudan mengatakan dua komandan yang saling bersaing sepakati gencatan senjata selama 24 jam mulai Selasa (18/4/2023) malam.

"Gencatan senjata akan dimulai pukul 18.00 dan tidak akan melampaui 24 jam yang disepakati," kata Jenderal Angkatan Darat Shams el-Din Kabbashi.

Itu terjadi menyusul seruan dari Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS) Antony Blinken ke masing-masing pihak setelah pertempuran sengit di Khartoum yang menyebabkan tembakan dilepaskan ke konvoi diplomatik AS.

Berbicara di Jepang, Blinken mengatakan dia telah menelepon pemimpin RSF Jenderal Mohamed Hamdan Dagalo, yang dikenal sebagai Hemedti, dan panglima militer Sudan Jenderal Abdel Fattah al-Burhan, meminta gencatan senjata 24 jam untuk memungkinkan orang Sudan bersatu kembali dengan aman dengan keluarga dan memberi mereka bantuan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)