Turki Tuntut Israel Berikan Akses Tak Terbatas ke Gaza

Sabtu, 26 Desember 2015 - 22:37 WIB
Turki Tuntut Israel Berikan Akses Tak Terbatas ke Gaza
Turki Tuntut Israel Berikan Akses Tak Terbatas ke Gaza
A A A
ANKARA - Pemerintah Turki menuntut Israel untuk mengabulkan akses tidak terbatas ke Jalur Gaza. Permintaan ini diajukaan sebagai bagian dari kesepakatan pemulihan hubungan kedua negara.

"Jika kesepakatan kedua negara bisa dicapai, maka akan mudah bagi produk Turki untuk masuk ke Jalur Gaza. Israel akan menghilangkan hambatan seputar arus barang dari Turki ke Jalur Gaza," demikian kata Menteri Perdagangan Turki, Bulent Tüfenkçi, seperti dikutip dari laman Hurriyet Daily News, Sabtu (26/12/2015).

Hubungan antara Turki dan Israel memburuk setelah negara Zionis itu menyerbut armada Fredom Flotille yang menewaskan 10 orang di atas kapal Mavi Marmara pada 31 Mei 2010.

Turki mengajukan tiga syarat utama untuk memperbaiki hubungan dengan Israel setelah serangan tersebut. Syarat pertama adalah permintaan maaf dari Israel dan sudah terpenuhi.

Syarat lainnya adalah negosiasi untuk kompensasi dan pencabutan embargo terhadap Jalur Gaza, yang hingga saat ini negosiasi tersebut masih berlanjut.

Delegasi kedua negara yang melakukan pertemuan di Swiss pada paruh pertama bulan Desember telah mencapai kemajuan dalam masalah kompensasi. Sedangkan terkait pencabutan blokade atas Gaza, masih terjadi perundingan.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4618 seconds (0.1#10.140)