Turki: Normalisasi Hubungan dengan Israel Akan Bantu Palestina

Rabu, 25 Mei 2022 - 19:18 WIB
loading...
Turki: Normalisasi Hubungan dengan Israel Akan Bantu Palestina
Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dan Menteri Luar Negeri Israel Yair Lapid. Foto/Anews
A A A
TEL AVIV - Pencairan hubungan diplomatik Turki dengan Israel akan membantu Palestina . Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Turki Mevlut Cavusoglu dalam perjalanan pertama diplomat tinggi Ankara ke Israel dalam 15 tahun.

Cavusoglu, yang bertemu dengan pejabat Palestina di Tepi Barat yang diduduki pada hari Selasa (24/5/2022), berada di Yerusalem ketika Turki dan Israel berusaha untuk memperbaiki hubungan menyusul merenggangnya hubungan keduanya yang dimulai selama operasi militer Israel di Gaza pada tahun 2008.

Cavusoglu dan mitranya dari Israel Yair Lapid menekankan bahwa hubungan ekonomi terus tumbuh meskipun bertahun-tahun terjadi perselisihan antara kedua negara.

"Kami tidak akan berpura-pura bahwa hubungan kami belum mengalami pasang surut," kata Lapid.

Baca juga: Menlu Turki Kunjungi Israel, tapi Dukung Palestina Merdeka

"Bahkan di saat ketegangan politik, kerja sama ekonomi antara negara kita terus meningkat," imbuhnya seperti dilansir dari France24, Rabu (25/5/2022).



Cavusoglu mencatat bahwa Turki adalah 10 mitra dagang teratas bagi Israel dan tujuan utama bagi wisatawan Israel. Ia pun menyuarakan harapan bahwa memperdalam hubungan dengan Israel dapat menghasilkan manfaat bagi Palestina.

"Kami percaya normalisasi hubungan kami akan berdampak positif pada penyelesaian konflik secara damai," ujarnya.

Cavusoglu mengklaim bahwa dialog antara Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan dan koleganya dari Israel Isaac Herzog membantu "menjaga ketenangan" selama periode ketegangan di Yerusalem tahun ini yang menyaksikan bentrokan meluas saat bulan suci Ramadhan dan hari raya Paskah Yahudi yang saling berdekatan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1656 seconds (11.97#12.26)