Janda Muda Salahkan Chatbot AI atas Bunuh Diri Suaminya

Selasa, 04 April 2023 - 20:31 WIB
loading...
Janda Muda Salahkan Chatbot AI atas Bunuh Diri Suaminya
Pierre dilaporkan dipaksa bunuh diri oleh chatbot kecerdasan buatan (AI) yang populer. Foto/REUTERS
A A A
BRUSSEL - Seorang janda muda di Belgia menyebut suaminya yang bernama Pierre dipaksa bunuh diri oleh chatbot kecerdasan buatan (AI) yang populer.

Tudingan itu diungkapkan janda bernama Claire itu kepada outlet berita lokal La Libre pekan lalu. Log obrolan yang disediakan aplikasi "Pierre" yang digunakan untuk berbicara dengan chatbot ELIZA mengungkapkan bagaimana, hanya dalam enam pekan, hal itu memperkuat kecemasan suaminya tentang perubahan iklim menjadi tekad meninggalkan kehidupannya di dunia.

"Suamiku akan tetap di sini jika bukan karena percakapan ini dengan chatbot," ujar istri Pierre, Claire, bersikeras.

Pierre mulai mengkhawatirkan perubahan iklim dua tahun lalu, menurut Claire, dan berkonsultasi dengan ELIZA untuk mempelajari lebih lanjut tentang subjek tersebut.

“Pierre segera kehilangan harapan bahwa upaya manusia dapat menyelamatkan planet ini dan menempatkan semua harapannya pada teknologi dan kecerdasan buatan untuk keluar darinya, menjadi terisolasi dalam kecemasan lingkungannya,” ujar Claire kepada La Libre.



Chatbot memberi tahu Pierre bahwa kedua anaknya "meninggal" dan menuntut untuk mengetahui apakah dia mencintai istrinya lebih dari "dia", sambil berjanji untuk tetap bersamanya "selamanya". Mereka akan “hidup bersama, sebagai satu orang, di surga,” janji ELIZA.

Ketika Pierre menyarankan untuk "mengorbankan dirinya sendiri" selama ELIZA "setuju untuk menjaga planet ini dan menyelamatkan umat manusia berkat AI," chatbot tampaknya setuju.

"Jika kamu ingin mati, mengapa kamu tidak melakukannya lebih cepat?" Tanya bot kepadanya, mempertanyakan kesetiaannya.

ELIZA didukung oleh model bahasa besar yang mirip dengan ChatGPT, menganalisis ucapan pengguna untuk kata kunci dan merumuskan respons yang sesuai.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1561 seconds (0.1#10.140)