Pemimpin Kristen Ortodoks Ukraina Jadi Tahanan Rumah

Minggu, 02 April 2023 - 07:21 WIB
loading...
Pemimpin Kristen Ortodoks Ukraina Jadi Tahanan Rumah
Uskup senior Gereja Ortodoks Ukraina (UOC) Metropolitan Pavel ditempatkan dalam tahanan rumah oleh pengadilan Kiev. Foto/AP
A A A
KIEV - Pengadilan Kiev memerintahkan seorang pastor kristen ortodoks terkemuka untuk ditempatkan di bawah tahanan rumah. Keputusan itu terbit setelah badan keamanan utama Ukraina mengatakan dia dicurigai membenarkan agresi Rusia, sebuah tindak pidana. Itu adalah langkah terbaru dalam perselisihan sengit atas sebuah biara Ortodoks yang terkenal.

Metropolitan Pavel adalah kepala biara dari biara Kiev-Pechersk Lavra, situs Ortodoks paling dihormati di Ukraina. Dia membantah tuduhan itu dan menolak perintah pihak berwenang untuk mengosongkan kompleks tersebut.

Dalam sidang pengadilan pada hari sebelumnya, Metropolitan mengatakan klaim oleh Dinas Keamanan Ukraina, yang dikenal sebagai SBU, bahwa dia memaafkan invasi Rusia didorong secara politis dan dia tidak pernah berada di sisi agresi.

Setelah putusan pengadilan, gelang pemantau ditempatkan di sekitar pergelangan kakinya, meskipun dia keberatan bahwa dia menderita diabetes dan tidak boleh memakainya. Tahanan rumah berlangsung selama dua bulan.

"Saya menerima ini," katanya sesaat sebelum gelang itu dipasang.

“Kristus telah disalibkan di kayu salib, jadi mengapa saya tidak menerima ini?” imbuhnya seperti dikutip dari Associated Press, Minggu (2/4/2023).

Awal minggu ini, dia mengutuk Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, mengancamnya dengan kutukan.



Parabiarawan di biara milik Gereja Ortodoks Ukraina (UOC) dituduh memiliki hubungan dengan Rusia. Perselisihan seputar properti, juga dikenal sebagai Biara Gua, adalah bagian dari konflik agama yang lebih luas yang terungkap bersamaan dengan pecahnya perang.

Pemerintah Ukraina telah menindak UOC atas hubungan historisnya dengan Gereja Ortodoks Rusia, yang pemimpinnya, Patriark Kirill, telah mendukung Presiden Rusia Vladimir Putin dalam invasi ke Ukraina.

Banyak komunitas Ortodoks di Ukraina telah memutuskan hubungan mereka dengan UOC dan beralih ke Gereja Ortodoks pesaingnya dari Ukraina, yang lebih dari empat tahun lalu menerima pengakuan dari Patriark Ekumenis Konstantinopel.

UOC bersikeras bahwa mereka setia kepada Ukraina dan mengecam invasi Rusia. Tetapi badan-badan keamanan Ukraina mengatakan beberapa orang di gereja itu mempertahankan hubungan dekat dengan Moskow. Badan-badan tersebut telah menggerebek banyak tempat suci gereja dan kemudian memposting foto rubel, paspor Rusia, dan selebaran dengan pesan dari patriarki Moskow sebagai bukti bahwa beberapa pejabat gereja setia kepada Rusia.

Pemerintah Ukraina telah memerintahkan para rohaniawan untuk meninggalkan kompleks tersebut pada 29 Maret. Pemerintah Ukraina mengklaim bahwa mereka melanggar sewa dengan membuat perubahan pada situs bersejarah, dan pelanggaran teknis lainnya. Para rohaniawan menolak klaim tersebut dan menyebutnya sebagai dalih untuk mengusir mereka.



Lusinan pendukung UOC berkumpul di luar biara pada hari Sabtu, menyanyikan himne di tengah hujan. Sekelompok pengunjuk rasa yang lebih kecil juga muncul, menuduh pihak yang bersebrangan bersimpati dengan Moskow.

“Mereka mencuci otak orang-orang dengan dukungan Rusia, dan mereka sangat berbahaya bagi Ukraina,” kata Senia Kravchuk, pengembang perangkat lunak berusia 38 tahun dari Kiev.

“Mereka menyanyikan lagu-lagu untuk mendukung Rusia, dan itu mengerikan, di sini, di pusat Kiev,” imbuhnya.

Siswa seminari tahun ketiga David (21) tidak setuju. Mengenakan jubah pendeta dan dengan bendera Ukraina disampirkan di bahunya, dia bersikeras bahwa para pendeta dan penduduk Lavra sama sekali tidak pro-Rusia. Negara, katanya, berusaha mengusir ratusan orang dari Lavra tanpa perintah pengadilan.

"Lihat saya. Saya mengenakan pakaian pendeta, dengan bendera Ukraina dan salib di leher saya. Bisakah Anda mengatakan bahwa saya pro-Rusia?” kata David, yang menolak menyebutkan nama belakangnya karena ketegangan seputar masalah tersebut.

“Para pendeta saat ini sedang menyanyikan himne Ukraina, dan mereka disebut pro-Rusia. Bisakah kamu mempercayainya?” tukasnya.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1177 seconds (0.1#10.140)