Uskup Senior Ukraina Mengaku Berada dalam Tahanan Rumah

Sabtu, 01 April 2023 - 23:09 WIB
loading...
A A A
Gereja Ortodoks Rusia mengecam tindakan keras SBU terhadap uskup. Vladimir Legoida, yang mengepalai departemen hubungan masyarakat Gereja, mengklaim tahanan rumah dibuat “atas tuduhan yang dibuat-buat” dan merupakan “kelanjutan alami dari pelanggaran keadilan” yang dilakukan otoritas Ukraina.

Kiev Pechersk Lavra, yang dikelola UOC, berusia 980 tahun dan telah menjadi sasaran kampanye tanpa henti oleh otoritas Ukraina dalam beberapa bulan terakhir.

Pejabat Kiev mencurigai UOC diam-diam mendukung pemerintah Rusia meskipun telah memproklamirkan kemerdekaan dari Moskow setelah dimulainya konflik pada Februari 2022.

Tindakan keras itu memuncak bulan lalu ketika Kementerian Kebudayaan Ukraina mengklaim, tanpa memberikan bukti apa pun, bahwa UOC melanggar perjanjian 2013 yang mengizinkannya mengelola biara, dengan para biksu diperintahkan untuk mengosongkan tempat itu.

Namun, UOC menolak mematuhi, menggambarkan perintah tersebut sebagai “melanggar hukum.”

Desakan Ukraina untuk mengusir para biarawan telah memicu ketegangan antara pendukung dan penentang UOC.

Pada Sabtu, media lokal membagikan cuplikan bentrokan singkat antara kedua kelompok di dekat lokasi.

Ukraina telah lama mengalami ketegangan agama, dengan sejumlah entitas yang mengklaim sebagai Gereja Ortodoks Ukraina sejati.

Dua faksi saingan utama adalah Gereja Ortodoks Ukraina dan Gereja Ortodoks Ukraina (OCU) yang didukung Kiev, yang dianggap Gereja Ortodoks Rusia bersifat skismatis.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1284 seconds (0.1#10.140)