Eks Legislator dan Mantan Laksamana Taiwan Didakwa Jadi Mata-mata China

Minggu, 19 Maret 2023 - 10:48 WIB
loading...
A A A
Nama mereka muncul saat jaksa menyelidiki seorang kolonel angkatan udara yang diduga merekrut setidaknya enam anggota angkatan laut dan angkatan udara Taiwan saat ini atas nama China selama lebih dari delapan tahun.



"Kami mendesak pensiunan perwira militer untuk berhati-hati mengenai keuntungan yang tidak masuk akal ketika mereka pergi ke acara di China untuk menghindari jatuh ke dalam perangkap Beijing," kata jaksa penuntut.

Sejumlah mantan pejabat tinggi militer Taiwan dituduh membantu intelijen China dalam beberapa tahun terakhir.

Pada bulan Januari, seorang pensiunan mayor jenderal angkatan udara dinyatakan bersalah menerima makanan dan perjalanan dari seorang pengusaha Hong Kong yang bertindak atas nama Beijing. Namun, hukumannya ditangguhkan karena dia menunjukkan penyesalan dan tidak memiliki catatan kriminal sebelumnya.

China menganggap Taiwan, yang memiliki pemerintahan sendiri, sebagai provinsi yang memisahkan diri dan telah berjanji untuk menempatkannya di bawah kendalinya, jika perlu dengan kekerasan.

Sekutu terkuat Taiwan, Amerika Serikat (AS), pada bulan Oktober memperingatkan bahwa China mengejar penyatuan pada waktu yang jauh lebih cepat. Sekitar waktu yang sama, pemimpin China Xi Jinping memulai masa jabatan ketiga yang bersejarah sebagai kepala Partai Komunis dan militer.

(ian)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2303 seconds (0.1#10.140)