Rusia: Barat Setting Asia untuk Konflik Selama Bertahun-tahun

Selasa, 14 Maret 2023 - 21:05 WIB
loading...
Rusia: Barat Setting Asia untuk Konflik Selama Bertahun-tahun
Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov. Foto/The Hindu
A A A
MOSKOW - Perluasan kehadiran militer Barat di Asia berisiko menyebabkan konflik berkepanjangan karena orang-orang di kawasan itu tidak akan menerima diktat semacam itu. Hal itu diungkapkan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov.

"Dengan mendorong struktur blok, seperti AUKUS dan infrastruktur NATO ke Asia, para pemimpin Barat membuat tawaran serius untuk konfrontasi yang berlangsung selama bertahun-tahun," katanya dalam sebuah pertemuan di Moskow.

“Saya tidak dapat membayangkan peradaban besar Asia mengikuti garis seperti yang sayangnya dilakukan UE, dan dengan patuh menyampaikan agenda Washington,” jelas Lavrov seperti dikutip dari RT, Selasa (14/3/2023).



Lavrov, yang berbicara pada pertemuan perdana Gerakan Russophile Internasional, mengatakan bahwa Moskow tidak memiliki kebiasaan memerintah negara lain tidak seperti negara-negara Barat.

Organisasi baru, yang disambut oleh menteri luar negeri atas nama Presiden Rusia Vladimir Putin, diusulkan oleh politisi Bulgaria Nikolay Malinov, yang simpatinya terhadap negara tersebut sangat terkenal.

Pada tahun 2019, Putin memberinya Orde Persahabatan, sebuah kehormatan Rusia yang mengakui warga negara asing atas prestasi dalam mendorong kerja sama internasional.

AUKUS – aliansi militer yang terdiri dari Inggris, AS, dan Australia – disebut-sebut sebagai mekanisme untuk melawan pengaruh China di kawasan Asia-Pasifik ketika didirikan pada tahun 2021.

Beijing minggu ini mengulangi kritiknya terhadap rencana AUKUS dan Canberra untuk mendapatkan kapal selam bertenaga nuklir buatan AS, mengutip risiko proliferasi nuklir yang ditimbulkan oleh teknologi yang digunakan di kapal.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1108 seconds (0.1#10.140)