Iran dan Arab Saudi Berdamai setelah 7 Tahun Bermusuhan

Jum'at, 10 Maret 2023 - 22:20 WIB
loading...
A A A
Oleh karena itu, hubungan yang lebih baik antara Teheran dan Riyadh dapat berdampak pada politik di Timur Tengah.

“Situasi keamanan di kawasan, seperti di Yaman dan Lebanon, memburuk dan menderita ketika kedua negara ini memiliki perbedaan,” kata Hashem.

“Dengan kesepakatan ini, ada kemungkinan kita mulai melihat kompromi di negara-negara ini. Kesepakatan ini dapat mengarah pada terciptanya situasi keamanan yang lebih baik di wilayah tersebut. Mereka memiliki banyak pengaruh di negara-negara ini.”

Adnan Tabatabai, CEO think tank CARPO, mengatakan kepada Al Jazeera bahwa China memiliki minat yang sangat besar untuk tidak melihat situasi keamanan regional turun ke dalam kekacauan.

“[Seperti] pada tahun 2019, ketika saluran perairan Hormuz menjadi lokasi ledakan dan serangan yang berbeda,” katanya.

“Ada kepentingan yang melekat bagi China untuk mencoba dan menggunakan pengaruh yang mereka miliki terhadap Teheran dan Riyadh untuk melakukan beberapa upaya untuk menyeimbangkan hubungan ini dan menyelesaikan apa yang sebenarnya telah dimulai oleh Irak dan Oman.”

China, yang baru-baru ini menjamu Presiden Iran Ebrahim Raisi, juga merupakan pembeli utama minyak Saudi.

Presiden Xi Jinping, yang baru saja diberikan masa jabatan presiden periode ketiga pada hari Jumat, mengunjungi Riyadh pada bulan Desember lalu untuk menghadiri pertemuan dengan negara-negara Teluk Arab yang kaya minyak yang penting untuk pasokan energi China.

Sementara itu, Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih mengatakan Amerika Serikat mengetahui laporan bahwa Iran dan Arab Saudi telah melanjutkan hubungan diplomatik, tetapi merujuk rincian lebih lanjut ke Arab Saudi.

“Secara umum, kami menyambut setiap upaya untuk membantu mengakhiri perang di Yaman dan mengurangi ketegangan di kawasan Timur Tengah. De-eskalasi dan diplomasi bersama dengan pencegahan adalah pilar utama kebijakan yang digariskan Presiden [Joe] Biden selama kunjungannya ke kawasan itu tahun lalu,” kata Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih melalui juru bicaranya kepada Reuters.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1071 seconds (0.1#10.140)