Iran dan Arab Saudi Berdamai setelah 7 Tahun Bermusuhan

Jum'at, 10 Maret 2023 - 22:20 WIB
loading...
Iran dan Arab Saudi Berdamai setelah 7 Tahun Bermusuhan
Iran dan Arab Saudi sepakat berdamai dan memulihkan hubungan diplomatik setelah tujuh tahun bermusuhan. Foto/Tehran Times
A A A
RIYADH - Iran dan Arab Saudi pada Jumat (10/3/2023) sepakat berdamai dan memulihkan hubungan diplomatik setelah tujuh tahun bermusuhan. Dalam kesepakatan yang ditengahi China, Teheran dan Riyadh akan membuka kembali kedutaan masing-masing dalam waktu dua bulan.

Kesepakatan itu tercapai setelah pembicaraan kedua pihak yang diadakan di Ibu Kota China, Beijing.

“Sebagai hasil dari pembicaraan tersebut, Iran dan Arab Saudi setuju untuk melanjutkan hubungan diplomatik dan membuka kembali kedutaan dalam waktu dua bulan,” tulis kantor berita Iran, IRNA.

Media pemerintah Iran tersebut mem-posting foto dan video pertemuan di China. Itu menunjukkan Sekretaris Dewan Keamanan Nasional Iran Ali Shamkhani bersama Penasihat Keamanan Nasional Arab Saudi Musaad bin Mohammed al-Aiban dan diplomat senior China Wang Yi.

Baca Juga: Memanas, Arab Saudi Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Iran

"Setelah pelaksanaan keputusan, menteri luar negeri kedua negara akan bertemu untuk mempersiapkan pertukaran duta besar," bunyi siaran televisi pemerintah Iran.

Dalam rekaman yang ditayangkan oleh media Iran, Wang terdengar menyampaikan "selamat sepenuh hati" atas kebijaksanaan kedua negara.

“Kedua belah pihak telah menunjukkan ketulusan,” katanya. “China mendukung penuh perjanjian ini.”

Saudi Press Agency (SPA) mengonfirmasi perjanjian tersebut ketika juga menerbitkan pernyataan bersama dari Arab Saudi dan Iran, yang mengatakan bahwa kedua negara telah sepakat untuk menghormati kedaulatan negara dan tidak saling mencampuri urusan dalam negeri masing-masing.

Pernyataan itu juga mengatakan bahwa Riyadh dan Teheran telah sepakat untuk mengaktifkan perjanjian kerja sama keamanan yang ditandatangani pada tahun 2001.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1733 seconds (0.1#10.140)