Paus Fransiskus Tegaskan Konflik Ukraina Dipicu Kekaisaran-kekaisaran

Jum'at, 10 Maret 2023 - 21:56 WIB
loading...
Paus Fransiskus Tegaskan Konflik Ukraina Dipicu Kekaisaran-kekaisaran
Paus Fransiskus mengadakan audiensi umum pekanan di Lapangan Santo Petrus, Vatikan, 8 Maret 2023. Foto/REUTERS/Guglielmo Mangiapane
A A A
ROMA - Paus Fransiskus menegaskan Rusia bukan satu-satunya "kekaisaran" yang kepentingannya mendorong konflik di Ukraina.

Pernyataan Paus muncul dalam wawancara dengan televisi Swiss RSI, yang akan dirilis pada Minggu (12/3/2023). Kutipan dari wawancara tersebut diterbitkan pada Jumat oleh beberapa outlet Italia.

Ditanya tentang konflik yang sedang berlangsung antara Moskow dan Kiev, Paus mencatat bahwa itu telah berkembang menjadi “perang dunia” di mana “semua kekuatan besar terjerat.”

“Medan perangnya adalah Ukraina. Semua orang berkelahi di sana. Ini membuat industri memikirkan senjata,” ujar Paus.

Dia menyebutkan, pada hari kedua setelah Rusia melancarkan serangan militernya terhadap Ukraina, dia pergi ke Kedutaan Besar Rusia dan menawarkan untuk pergi ke Moskow untuk bernegosiasi secara pribadi dengan Presiden Vladimir Putin.



Namun, Paus mengatakan dia diberitahu Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov bahwa ini bukan waktunya.

Paus menyatakan Putin tahu bahwa opsi untuk menegosiasikan perdamaian selalu tersedia, tetapi mengakui ada “kepentingan kekaisaran” yang berperan dalam konflik Ukraina, dan “tidak hanya kekaisaran Rusia, tetapi juga kekaisaran di tempat lain.”

“Adalah urusan kekaisaran untuk menempatkan bangsa di urutan kedua,” papar Paus.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1020 seconds (0.1#10.140)